Bappeda Tuba Sosialisasikan Review Dokumen RAD-AMPL

5

Radartuba.com, TULANG BAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang (Tuba) berkomitmen membangun infrastruktur dasar yang layak bagi masyarakat berupa penyediaan air bersih.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuba, Dicky Soerachman mengatakan, pihaknya mensosialisasikan penyusunan review dokumen Rencana Aksi Daerah-Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD-AMPL) pada (12/10) lalu.

“Sejak 2017 hingga 2022 pemerintah daerah menyusun RAD-AMPL. Saat ini, perlu melakukan review dan kembali menyelaraskan data-data AMPL yang ada di Tulangbawang untuk lima tahun ke depan,” kata Dicky, Selasa (9/11).

Menurut dia, dokumen RAD-AMPL menjadi acuan bagi program dan kegiatan yang akan dilaksanakan organisasi perangkat daerah (OPD) yang bertanggung jawab untuk bidang AMPL.

Selain itu berperan sebagai instrumen sinkronisasi program-program pelayanan AMPL dari berbagai sumber pembiayaan serta pengadopsian pendekatan AMPL berbasis masyarakat.

BACA JUGA:  DPMDT Tubaba Gelar Bimtek untuk Panitia Pilkati

“RAD-AMPL mensinergikan kebijakan pusat dan daerah sehingga menjadi dokumen yang harus diperhatikan daerah dalam penyusunan Renja SKPD, RKPD, Renstra SKPD, dan RPJMD,” ujar dia.

Dia menjelaskan, sasaran atau target pembangunan air minum dalam RAD-AMPL guna mendukung capaian standar pelayanan minimal, target tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), dan mendukung tahapan pengembangan dalam rencana induk sistem penyediaan air minum (RISPAM) Tuba.

“Air minum dan penyehatan lingkungan atau sanitasi merupakan kebutuhan dasar yang wajib dipenuhi pemerintah daerah untuk warganya. Sehingga sebelum berencana dan melaksanakan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan lainnya maka kebutuhan dasar ini harus terpenuhi terlebih dulu,” kata dia. (ian)