Bupati Tubaba Umar Ahmad Inginkan Semua Tempat Menjadi Pondok

41
Foto: Yususf AS

Seluruh Warga Menjadi Guru

TULANGBAWANG BARAT – Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Ir. Hi. Umar Ahmad SP berharap agar bukan hanya Pondok Pesantren Tahfidz Qur’anic Center dan sejumlah pondok lainnya yang disebut sebagai pondok, namun hendaknya seluruh wilayah di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai ini.

Konkretnya menurut Umar, daerah-daerah tersebut hendaknya selalu menerapkan perilaku sebagaimana yang diterapkan oleh ponpes-ponpes.

Selain itu, mantan Ketua DPRD Tubaba ini juga berharap agar seluruh masyarakat Tubaba dapat tampil sebagai guru, sebagaimana pola pendidikan yang diberikan oleh para ustadz dan ustadzah di seluruh pondok. Keinginan sekaligus harapan ini disampaikan Umar Ahmad saat Safari Dakwah dan peresmian asrama Umar Ahmad Pondok Pesantren Quranic Center Tubaba, Lampung, oleh Syekh Muhammad Jaber di Panaragan Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah Minggu, 7 November 2021.

Di hadapan Wabup Tubaba Fauzi Hasan, Ketua DPRD Ponco Nugroho dan sejumlah tamu undangan, Umar juga meminta agar majelis yang digelar hari ini dapat terus dilaksanakan, sehingga dapat bermanfaat untuk kemajuan Kabupaten Tubaba.

Sejalan dengan itu, sebagai pimpinan daerah dirinya terus mengimplementasikan agar masyarakat Tubaba benar-benar dapat menjadi warga yang layak Tubaba. “Masyarakat yang layak Tubaba adalah orang yang menerapkan prinsip Nemen (pekerja keras), Nedes (tahan banting), dan nerimo (mempunyai keikhlasan yang tinggi) serta sederhana setara dan lestari. Enam prinsip inilah yang harus dipegang teguh agar menjadi manusia yang layak Tubaba,”paparnya saat acara yang juga dihadiri para tokoh agama dan masyarakat tersebut.

BACA JUGA:  Lampu Jalan Hibah Pemprov DKI Jakarta Dukung PJU di Tubaba

Umar berharap enam prinsip tersebut kelak menjadi ciri khusus masyarakat Tubaba, sehingga ketika orang luar menemukan ciri-ciri tersebut, maka orang itu adalah warga Tubaba.

Kepada para jamaah, mantan Wakil Bupati Tubaba ini juga berharap agar nasihat-nasihat yang diberikan oleh Syekh Muhammad Jaber dapat diteladani karena tidak semua mendapat kesempatan tersebut.

Terkait dengan peresmian asrama Umar berharap agar tempat tersebut dapat benar-benar bermanfaat untuk kemaslahatan umat. Selain itu juga ia berharap kepada Syekh dan para ulama lainnya dapat mendoakan sehingga kelak ke depan akan dibangun asrama-asrama lainnya, sehingga menjadi tempat menempa generasi yang berakhlakul karimah. (fei)