Winarti Serahkan Bantuan Langsung Bedah Rumah 2021

4

TULANG BAWANG – Bupati Tulang Bawang (Tuba), Dr.Hj.Winarti, SE., MH, menyerahkan bantuan langsung Bedah Rumah tahun 2021 sekaligus Peletakan Batu Pertama Program Bedah Rumah, dilanjutkan pemberian bantuan sosial bagi Anak Yatim Piatu di Kampung Penawar Aji dan Kampung Meraksa Aji, Tulang Bawang, Rabu (06/10).

Acara tersebut dilaksanakan di Balai Kampung Meraksa Aji. Gedung Serba Guna (GSG) Penawar Aji, dihadiri oleh Ketua Komisi 3 DPRD Tuba, Kadis Kominfo, Kapolsek Gedung Aji, Danramil, Kadis PU, Kadis PMK, Kabag SDA, Kabag Umum. Kadis Kesehatan, Kadis Sosial, Kasatpol PP, Kadis Perpustakaan, Camat Penawar Aji dan Uspika.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tulang Bawang Winarti, menyampaikan kegiatan penyerakan bantuan bedah rumah pada tahun 2021 dari anggaran APBD Kabupaten Tulang Bawang.

Bantuan Bedah Rumah kali ini suatu realisasi dari 25 Program BMW yang mana anggaranya dari dana APBD Tahun 2021, yang diserahkan di Kecamatan Penawar Aji, berupa bantuan Bedah Rumah dan sekaligus penyerahan buku tabungan sebanyak 28 unit.

Lanjut Winarti, bantuan Bedah Rumah pada tahun 2021 ini dengan nilai bantuan sebesar Rp15.000.000 (lima belas juta rupiah) per satu Kepala Keluarga (KK) yang menjadi penerima bantuan Bedah Rumah. Sedangkan jumlah bantuan Bedah Rumah yang direalisasikan tahun 2021 sebanyak 66 unit.

“Alhamdulillah sampai pada tahun 2021 ini bantuan Bedah Rumah, total keselurahan dari tahun 2018 s/d 2021 sebanyak 1.427 unit Rumah. Dengan rincian dibangun memakai Dana APBD sebanyak 326 unit dengan total anggaran Rp 4,89 Milyar. Sedangkan bantuan Bedah Rumah dari APBN sebanyak 1.101 unit Rumah, dengan total anggaran Rp19,2 Milyar,”jelas Winarti.

BACA JUGA:  Cegah Penyebaran Virus Corona, Taman Kehati Mesuji Ditutup

Dikatakan Winarti, program BMW Bedah Rumah ini juga selaras dengan Program Nasional Pembangunan Sejuta Rumah, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bantuan Bedah Rumah adalah wujud perhatian dan kepedulian pemerintah untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam meningkatkan keswadayaan dan gotong royong dalam pembangunan Rumah Tidak Layak Huni agar dapat menjadi layak di huni ,”ujarnya.

Dalam kegiatan ini, dari Pemkab Tulang Bawang juga sudah menyerahkan santunan kematian untuk 13 orang ahli waris keluarga yang meninggal dunia di Penawar Aji.

“Alhamdulilah penyarahan sudah diberikan secara simbolis dengan rincian kita serahkan santunan untuk 10 orang dengan nominal sebesar Rp1.000.000 (Satu Juta rupiah ) per Ahli Waris, di Penawar Aji,”tambahnya.

Selain itu, sambung Winarti kegiatan pemberian satunan bukan kali ini saja, sebelumnya di Kecamatan Meraksa Aji juga telah diserahkan bantuan kepada 25 Anak Yatim.

“Kegiatan ini nanti akan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama secara langsung. Insa allah saya sendiri yang akan meletakkan disalah satu Rumah warga di Kampung Penawar Aji,”Kata Dia. (Ian)