Staf Presiden Jokowi Monitoring Uluan Nughik Thermal Therapy Tubaba

18

TULANGBAWANG BARAT – Tiga orang Tim Kantor Staf Presiden RI menyatakan kesiapannya untuk membantu Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) melakukan pengujian Uluan Nughik Thermal Therapy (UNTT) bagi pasien Covid-19. Tim nantinya akan menyampaikan hasil peninjauannya ke lapangan terhadap UNTT yang digagas Bupati Umar Ahmad ke Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes), Kementerian Kesehatan RI.

Abraham Wirotomo, Tenaga Ahli Utama, Kedeputian Bidang Pembangunan Manusia, Kantor Staf Presiden RI, Rabu (26/8) mengungkapkan hal ini kepada Radar Tuba (Group Radar Lampung), di Berugo Cottage, Panaragan Jaya, Tubaba.

Abrahan melanjutkan bahwa pihaknya sangat menghargai semua inisiatif dan dukungan yang dikembangkan oleh kepala daerah dan berbagai pihak lainnya untuk mengatasi pandemi Covid-19 saat ini.

“Kami sangat mendukung dan mengapresiasi inovasi Pak Umar yang telah membuat Thermal Therapy di Tubaba ini. Keinginan kami semakin kuat setelah alat ini ternyata sudah bermanfaat terhadap sekitar hampir 100 pasien Covid-19,”terangnya.

BACA JUGA:  Presiden Berharap ICMI Rumuskan Solusi Masalah Bangsa

Sebagai langkah konkret, pihaknya akan membantu Pemkab Tubaba menurun tim dari Kementrian Kesehatan RI serta pihak yang terkait langsung dengan pengujian alat tersebut. “Jika ini ternyata secara klinis benar-benar bisa bermanfaat, tentu ini adalah terobosan yang sangat menarik dan bermanfaat,”tambah Ratna Dasahasta, yang juga Tenaga Ahli Utama.

Sementara itu Bupati Tubaba Umar Ahmad mengatakan kedatangan Tim Kantor Staf Presiden RI sebagai tindak lanjut peninjauan oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dua pekan lalu terhadap alat tersebut. Menurutnya, penggunaan UNTT yang dibuat Pemkab Tubaba dan merupakan hasil karya akumni ITB tersebut sangat membantu penyembuhan pasien Covid-19. “Kami sudah uji cobakan di sekitar 100 orang pasien yang terpapar, Alhamdulillah hasilnya sangat signifikan,”tutup Umar. (fei)