Usulan BLT UMKM 2021 Satu Pintu Melalui Diskoperindag 

27

Radartuba.com, TUBABA – Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang pada tahun lalu bisa diusulkan melalui 5 (lima) lembaga,  tahun 2021 ini di satu pintukan melalui dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM di masing-masing Kabupaten/Kota.

 

“Perlu diketahui oleh masyarakat, bahwa untuk proses pengusulan BLT UMKM tahun ini hanya bisa dilakukan di Diskoperindag (Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan)  saja, tidak seperti tahun lalu yang dapat diusulkan melalui 5 lembaga yakni, Diskoperindag, Koperasi, BRI, Bank Mekar, dan Kemenag,”ungkap Emalia, Kabid Koperasi dan UMKM pada Diskoperindag Tubaba didampingi Kasi UMKM Agus Purwana, saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Kamis (29/4) siang.

 

Dijelaskannya, berlanjutnya BLT UMKM tahun 2021 tersebut berdasarkan Surat Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 256/Dep.2/IV/2021 perihal Penyaluran Program BPUM 2021, yang mana proses pengusulan maupun penyaluran BPUM tersebut sejak April hingga September 2021.”Untuk bulan ini pendaftaran telah ditutup hari ini, dan kemungkinan akan dilanjutkan kembali setelah lebaran atau menunggu Informasi lebih lanjut dari pusat,”tandasnya.

BACA JUGA:  Penuhi Asas Kepastian Hukum, Pemkab Tubaba Menerima Raperda Usul Inisiatif DPRD

 

Bagi masyarakat yang telah mengusulkan dan melampirkan persyaratan secara lengkap sebelumnya, mulai sekarang dapat melakukan pengecekan dengan cara masuk di e-Form BRI melalui Internet, setelah itu pilih menu BPUM dan masukkan NIK KTP, kemudian hasilnya akan keluar apakah menerima atau tidak.”Jika menerima, maka pelaku UMKM dapat segera langsung mendatangi Bank BRI terdekat untuk proses pencarian sebesar Rp1,2 Juta,”jelasnya.

 

Penerima bantuan tahun ini, imbuhnya, ada juga yang berasal dari penerima tahun lalu, sehingga bagi yang telah mengusulkan tahun lalu dapat juga melakukan pengecekan sesuai bank yang menyalurkan, karena sebelumnya terdapat 3 bank yakni BRI, BNI, dan Syariah Mandiri. “Tetapi tahun ini melalui kita, dari BRI,”tukasnya. (ded)