Kinerja ASN Selama Ramadhan Jadi Fokus Pengawasan

22

Radartuba.com,TUBABA – Selama bulan Ramadhan 1442 H/2021 M berlangsung, Inspektorat Tulang Bawang Barat (Tubaba) akan terus mengoptimalkan pengawasannya terhadap kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemkab setempat. Sebab,  ibadah puasa bukan alasan bagi ASN untuk bermalas-malasan dan tidak disiplin dalam bekerja serta menjalankan tugas-tugasnya.

Meski begitu, kedisiplinan ASN sejauh ini khususnya selama ramadhan berlangsung masih terpantau cukup baik. Demikian diungkapkan oleh Kepala Inspektorat (Inspektur) Tubaba, Perana Putera, SH, MH, saat berbincang-bincang dengan wartawan usai Rakor Saber Pungli, Senin  (26/4) lalu.

“Kalaupun ada yang melakukan pelanggaran, maka kita sudah menekankan bahwa wewenang yang paling utama adalah di Kepala Satuan Kerja (Satker) itu sendiri untuk memberikan peneguran. Jika tidak bisa dibina barulah kita yang bertindak,” terangnya.

BACA JUGA:  DPRD dan Dinas PUPR Tinjau Perbaikan Jalan Oleh Waskita

Dia juga menjelaskan, selama menjalankan ibadah puasa ini, terdapat pengurangan jam kerja sesuai aturan dari pusat, yang mana para ASN mulai masuk kerja pada pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB. Sementara terkait cuti lebaran, tahun ini menurutnya hanya diberikan 2 (dua) hari.

“Kalaupun ingin mengambil cuti maka harus sesuai aturan yang mana selama 1 tahun kerja maksimal pengambilan cuti 12 hari, 2 tahun 18 hari, dan 3 tahun 24 hari. Itupun jika mereka selama kerja 1 hingga 3 tahun itu tidak pernah mengambil cuti. Mereka juga harus berkoordinasi dulu dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) yang memiliki catatan,”tandasnya. (ded)