Upaya Pengendalian Harga Pangan, Pemkab Tubaba Hadirkan TTIC 

24

Radartuba.com, TUBABA – Pemkab Tulang Bawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menghadirkan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) di daerah setempat. Selain sebagai upaya menjaga stabilitas pangan, program inisiasi pemerintah pusat tersebut diketahui sebagai salah satu usaha pemerintah memotong rantai pasok atau distribusi pangan sehingga harga diharapkan dapat turun atau paling tidak stabil.

“TTIC merupakan sarana atau wadah Gapoktan, supplier, produsen pangan lainnya untuk memasarkan komoditas pangan hasil produksi pertanian khususnya sembako seperti beras, cabai merah, bawang merah, bawang putih, telur ayam, gula pasir, minyak goreng, dan komoditas lainnya,”ungkap Aprizal PH, SH, Kepala DKP Tubaba kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (20/4).

Melalui TTIC ini, lanjutnya, masyarakat dapat membeli barang-barang sembako dan kebutuhan pangan lainnya dengan harga yang lebih murah dan berkualitas.”Saat ini kita sudah mulai menyiapkan barang-barang yang akan kita pasarkan di TTIC dan melakukan pembenahan tempat. Sembari persiapan, kita masih akan koordinasi kepada pimpinan bagaimana sistem pelaksanaan kedepannya, mulai dari ketersediaan barang, harga, dan lain-lain.,” terangnya.

BACA JUGA:  Hidup Sebatang Kara dan Lumpuh, Mbah Sainem Dapat Kursi Roda dari Dissos Tubaba

Sebelum dibuka, ujar Aprizal, TTIC secara resmi akan dilaunching terlebih dahulu, dan  ditargetkan sudah mulai beroperasi menjelang lebaran Idul Fitri ini. Pihaknya juga berencana akan membuat bazar atau pasar murah untuk masyarakat.

“Dengan adanya program TTIC tersebut, kita berharap kebutuhan dan ketersediaan bahan-bahan pangan dapat terjaga, dan pengendalian harga dapat sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah atau lebih rendah dari harga pasar,” tandasnya. Berdasarkan pantauan, TTIC untuk sementara ditempatkan di Kantor DKP Tubaba, di  Tiyuh Panaragan, Kecamatan Tulang Bawang Tengah. (ded)