Antisipasi kebakaran, Dinas Pemadam Cek Satu Persatu Peralatan OPD di Mesuji 

42

Radartuba.com, MESUJI – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Mesuji yang baru terbentuk mulai action untuk  mencegah terjadinya kebakaran diwilayahnya.Salah satunya  seluruh dinas Instansi Pemerintah yang ada dikabupaten setempat diperiksa dengan melakukan pengecekan satu persatu OPD terkait peralatan dan proteks yang dapat menimbulkan kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan, Yudi Santoso melalui kepala Bidang (Kabid) Penyelamatan, Benni mengatakan bahwa pihaknya mulai melakukan pengecekan satu persatu dinas Badan dan Kantor yang ada di Komplek Perkantoran Pemda Mesuji yang ada di desa  Wiralaga Mulya Kecamatan Mesuji.

 

“Ya mulai hari ini satu persatu kita cek mulai dari ruangan dan kantor Bupati wakil Bupati dan yang lainnya untuk memastikan atau memberi saran terkait peralatan dan proteks  kebakaran,langkah ini untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” jelas Benni usai memeriksa kantor Bagian umum, Senin (30/3)

Menurut Benni setidaknya dengan dilakukan pengecekan dan sosialisasi jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran mereka sudah memahami tatacara penyelamatan awal sembari menunggu bantuan datang.”Artinya selain kita cek juga kita kasih saran dan masukan hal-hal terkait proteks kebakaran,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Lomba Antar Satker Polres Tuba Peringati Hari Bhayangkara Ke-73

Sementara itu menurut Sekretaris Pemadam kebakaran dan penyelamatan Ferry Antoni langkah yang dilakukan itu mengantisipasi terjadinya kebakaran dan sesuai  peraturan menteri dalam negeri Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2018 tentang standar teknis pelayanan dasar pada standar Minimal sub urusan. Kebakaran di daerah.

“Artinya berdasarkan laporan hari ini tanggapan dari Bupati dan wakil Bupati yang sudah kita cek ruangan dan kantornya  duluan mengapresiasi langkah antisipasi dari pihak kami,dan target kita sebelum bulan puasa semua OPD pemerintah selesai kita lakukan pengecekan satu persatu,” tambahnya.

Lanjutnya, bahwa pengecekan peralatan proteks kebakakaran juga akan dilakukan keseluruh Kecamatan sekolah-sekolah kantor desa puskesmas dan sarana pemerintah lainnya.”Setelah seluruh sarana pemerintah selesai kita juga akan sasar perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Mesuji,”pungkasnya. (mis)