Mulai Panen, Petani di RjU Keluhkan Rendahnya Harga Gabah

110

Radartuba.com, MESUJI–Petani padi khususnya di wilayah Kecamatan Rawajitu Utara bisa bernapas lega pasalnya musim panen telah tiba dan rata-rata tanaman padi tahun ini  terbilang bagus.
Namun para petani menyayangkan rendahnyan harga jual yang hanya mencapai Rp.3400-3.500.00/Kilo gramnya.

Warno (53) salah satu petani Padi dari desa Sungai Buaya Kecamatan Rawajitu Utara (RjU) Kabupaten Mesuji mengaku senang dengan hasil tanamannya yang bisa bagus.
Namun disisi lain dia menyayangkan harga gabah murah.

“Sebenarnya buah padi tahun ini bagus tapi sayang harganya murah cuma Rp.3.500.00/Kg sedangkan tahun kemarin harga gabah mencapai Rp.4.500.00/Kg,” jelas Warno kepada Radar Tuba selasa (02/02).

BACA JUGA:  Upacara Kemerdekaan RI di Tuba Digelar Hikmad dan Sederhana

 

Hal yang sama dikatan Tukijan (39) Petani muda ini berharap harga gabah dari petani bisa stabil setidaknya 4.500.00/Kg sehingga bisa meningkatkan hasil petani padi pada musim  tahun ini.”Ya sayang harganya murah kita berharap harganya bisa naik lagi,” harapnya.

 

Sementara murahnya harga Gabah petani saat panen di benarkan Kepala desa Sungai Buaya Kecamatan Rju Muhammad Aliya Muis bahwa harga gabah turun dari tahun lalu.”Ya benar harga gabah cuma Rp.3.500.00/Kg kalau  padi jenis bulat banci malah tidak sampai,”pungkasnya. (mis)