Masyarakat Tiga Desa di RjU Minta Abrasi Segera Tangani

36

Radartuba.com, MESUJI-Masyarakat khususnya diwilayah tiga desa yaitu desa Sidang Muara Jaya, Sidang Isomukti dan desa Sidang Sidorahayu Kecamatan Rawajitu Utara (RjU), Kabupaten Mesuji meminta kepada pemerintah pusat untuk segera membangun penahan air akibat bencana Abrasi sepanjang 1 Km.

Tokoh masyarakat desa Sidang Sidorahayu Sumiran (53) yang didampingi Kepala desa (Kades) setempat dan Kades Sidang Muara Jaya Benuang Alitopa mengatakan, abrasi terjadi sejak saluran air  dilewati oleh kapal-kapal yang mengakibatkan ombak besar dan mengikis bahu badan jalan.Dia meminta kepada Pemerintah Pusat untuk segera merespon keluhan masyarakat ditiga desa tersebut agar bencana Abrasi tidak meluas lagi.

“Awalnya saluran atau Priner ini lebarnya hanya 15 Meter namun akibat Abrasi sekarang lebarnya sudah mencapai 60-70 Meter, kami minta agar pemerintah pusat bisa segera membamgun penahan air yang diakibatkan oleh Abrasi,” harapnya kepada wartawan saat Tim  BPB dan gabungan dari OPD Pemlab Mesuji, Selasa (16/2)

Camat RjU, Kabupaten Mesuji, Samijo mengatakan bahwa Abrasi ini terjadi akibat hempasan ombak dari kendaraan atau kapal- kapal speedBoot yang melewati  jalur primer di tiga desa di wilayahnya.”Ya ini harus segera diatasi jika tidak maka akan semakin meluas,”ungkapnya.

BACA JUGA:  Kunker Ke Tiyuh, Bupati Umar Ahmad Berharap Warga Jaga Situasi Kondusif Jelang Pemilu

Samijo juga menyanyangkan ketidak hadiran dari dinas Perikanan Kabupaten Mesuji yang tidak ikut di tim Gabungan.”Seharusnya selain Dinas PU,Pertanian BPKAD Bapedda Dari dinas Perikanan bisa ikut untuk melihat tempat Pelelangan Ikan yang sampai saat ini belum difungsikan, karena ini penting untuk penambahan PAD Kabipaten Mesuji kedepan, “imbuhnya.

Diketahuib Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji membawa Tim Gabungan dari

Bappelitbangda,Dinas Pu,Dinas Pertanian  dan  BPKAD  untuk melihat langsung kondisi Abrasi yang sudah mengikis badan jalan  khususnya di tiga desa di Kecamatan Rju.

Kepala BPBD Kabupaten Mesuji Sunardi SE menjelaskan bahwa pihaknya sengaja membawa Tim dari Pemkab Mesuji untuk menindak lanjuti keluhan masyrakat yang sudah berlangsung puluhan tahun dan sampai saat ini belum ada tindak lanjut.Langkah yang dilakukan untuk mengatasi Abrasi dan bencana banjir yang sering melanda rumah-rumah warga khususnya di tiga tersebut.

“Ya sesuai Arahan Pak Bupati kita sengaja turun ke lapangan langsung untuk melihat kondisi tiga desa yang terdampak abrasi yaitu desa Sidang Muara Jaya,Sidang Iso Mukti dan Sidang Sido rahayu,” tandasnya.(mis)