33 Kampung di Tuba Telah Terima BLT-DD Tahap 1

8

Radartuba.com, TULANG BAWANG- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang (Tuba) kembali menyerahkan Bantuan Langsun Tunai bersumber Dana Desa (BLT-DD), kali ini sebanyak 33 kampung di Tuba yang menerima BLT-DD tahap I sebesar 40 persen.

Kampung-kampung yang sudah dikucurkan BLT-DD tersebut tersebar di 9 kecamatan diantaranya, Banjar Baru 1 kampung, Penawar Aji 8 kampung, Menggala Timur 3 kampung, Banjar Margo 11 kampung, Dente Teladas 2 kampung, Gedung Meneng 1 kampung, Meraksa Aji 4 kampung, Rawajitu Selatan 2 kampung, dan Gedung Aji 1 kampung.

“Benar untuk kli ini ada 33 kampung yang menerima dan dana tersebut sudah masuk ke rekening kas masing-masing kampung, Jadi total sudah ada 66 kampung yang sudah menerima DD tahap I,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Yen Dahren, Selasa (16/2).

BACA JUGA:  Untuk Meningkatkan Kedisplinan ASN BKPP Akan Menerapkan Absen Sidik Jari

Dia juga mengatakan sampai saat ini, Pemkab Tulangbawang telah menyalurkan DD dan BLT-DD tahap I untuk 66 kampung dengan total Rp20.441.332.200.

Dia berharap para kepala kampung dapat memanfaatkan DD sebaik mungkin dan sesuai regulasi.

Penggunaan DD sendiri telah diatur, yakni sebagian besar untuk BLT sebesar Rp300 ribu per KPM, kegiatan padat karya tunai desa seperti bersih-bersih desa atau gotong royong, penanganan Covid-19 (penyemprotan desinfektan, pembelian sabun, masker atau hand sanitizer) serta kegiatan pencegahan stunting (bayi dan balita pendek) seperti pembelian makanan tambahan berupa susu, dan kegiatan lainnya.

Tulangbawang sendiri menjadi kabupaten pertama di Lampung yang sudah mulai menyalurkan DD dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD. (ian)