Berikan Layanan Prima, Achmad Nazaruddin Luncurkan “Pamong Service Excellent”

35

Radartuba.com, TUBATENGAH– Berbagai terobosan dan inovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terus dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Tulang Bawang Tengah (Tuba Tengah), Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba). Terbaru, adalah Program Layanan “Pamong Service Excellent” yang secara resmi mulai diluncurkan pada Jum’at (5/2/2021) pagi.

“Program ini fokus di bidang Pelayanan Administrasi. Konsepnya adalah ‘jemput bola’ memberikan pelayanan di tiyuh.  Jadi, tim kecamatan yang datang ke tiyuh-tiyuh memberikan pelayanan,”ungkap Achmad Nazaruddin, S.IP, M.IP, Camat Tuba Tengah, saat berbincang-bincang dengan Radar Tuba seusai launching Program Layanan Pamong Service Excellent di Kantor Kelurahan Panaragan Jaya.

Selain untuk memperpendek rentang kendali pelayanan, gagasan dan terobosan inovasi pelayanan tersebut dilatarbelakangi perlunya merubah mindset (pola pikir) ASN selaku seorang pamong atau pelayan masyarakat.”Seorang ASN dituntut harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tidak boleh lagi ada anggapan bahwa pamong harus dilayani melainkan pamong lah yang melayani masyarakat,”tegasnya.

BACA JUGA:  Kapolda Lampung Minta Masyarakat Tetap Tenang

Melalui program tersebut, lanjutnya, semua layanan administrasi akan diberikan, mulai dari penerbitan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD), Surat Izin Usaha Mikro (SIUMK), dan jenis layanan administrasi lainnya.”Jadi, masyarakat akan semakin mudah mendapatkan pelayanan, dan tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor kecamatan,”ulasnya.

Namun menurutnya, karena keterbatasan personil maka layanan “jemput bola” tersebut akan dilaksanakan secara bergiliran dari tiyuh ke tiyuh.”Direncanakan, kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jum’at dan berpindah-pindah ke seluruh tiyuh.  Untuk tim kecamatan sendiri terdiri dari Camat, Sekcam, Kasi Pelayanan, dan Operator,”terangnya.

Agar program tersebut berjalan maksimal, Nazar berharap ada kerjasama yang baik dalam tim program tersebut, sehingga berjalan dengan baik dan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan secara prima.”Saya berharap, program layanan ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang mudah dan cepat,”pungkasnya. (cw1/ded)