Estimasi Anggaran Pilkada Mesuji Tahun 2022 Berkisar 40 Miliar

115

Radartuba.com, MESUJI-Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Mesuji bakal dilaksanakan pada tahun 2022 semakin mengemuka, jika sebelumnya ada wacana untuk meniadakan pelaksanaan pilkada di tahun 2022 dengan diganti pelaksanaannya di tahun 2024.

Mengingat Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mesuji berakhir pada 22 Mei 2022

Melihat isu yang berkembang di tingkat pusat, membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mesuji mengambil langkah “sedia payung sebelum hujan”.

Mereka segera meminta DPRD Mesuji dan Pemkab setempat menyiapkan anggaran pilkada, untuk bersiaga semisal rumor itu memang terjadi pada tahun 2022.

Ketua KPU Mesuji, Ali Yasir mengatakan estimasi kebutuhan anggaran pelaksanaan pilkada di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Dari perhitungan Rencana Kebutuhan Biaya (RKB) ditemukan angka sekitar Rp 40 miliar.Naiknya angka itu karena keperluan tambahan APD termasuk honor untuk petugas,rencana yang bakal di ajukan.

“Kamipun sudah melakukan audensi dengan Pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Mesuji tujuannya juga untuk memantapkan kesiapan jika pilkada di tahun 2022.Jadi Pemerintah  Kabupaten Mesuji jauh jauh hari sudah memplot anggaran agar nantinya tidak kerepotan,” harapnya.

BACA JUGA:  Susun Dokumen, Bappelitbangda Mesuji Rekrut  Konsultan Individual

Sebelumnya, KPU Mesuji menyatakan kesiapannya jika pilkada digelar tahun 2022 .

Namun demikian, Komisi Pemilihan Umum kabupaten Mesuji yang merupakan pelaksana hajat pesta demokrasi itu tidak gegabah dalam mengambil kesimpulan.Ali Yasir mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih menunggu keputusan resmi.

“Memang ada ke arah sana, sedang dibahas draft RUUnya. Tapi kita akan berpegang teguh pada aturan dan keputusan resminya nanti,” katanya.

Jika pelaksanaan Pilkada Serentak Dimajukan, artinya Pilkada Mesuji berpotensi digelar pada 2022 mendatang.

“Keputusan resmi pusat, itu yang akan jadi acuan kita. Tapi kapanpun dilaksanakan, kami dari KPU Mesuji siap untuk menyelenggarakan Pilkada,” terangnya.

Menurutnya sebagai penyelenggara pemilihan kepala daerah tentu semuanya harus siap baik di selenggarakan tahun 2022 atau 2024.

“Makanya kita tunggu keputusan resmi apakah pilkada Mesuji digelar 2022 ataupun 2024,” pungkasnya.(mis)