Mulai “Kendor”, Protokol Kesehatan di Lingkungan Pasar Akan Diperketat

17

Radartuba.com, TUBABA- Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), mengingatkan para pedagang dan pembeli di seluruh pasar di daerah setempat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal itu guna mencegah dan mengantisipasi munculnya klaster baru penularan virus tersebut, mengingat di awal tahun ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah setempat mengalami lonjakan.

Demikian diungkapkan oleh Drs. Khairul Amri, Kepala Diskoperindag Kabupaten Tubaba.”Kita mengantisipasi jangan sampai lingkungan pasar menjadi klaster baru penularan Covid-19. Untuk itu, protokol kesehatan harus lebih diperketat, sebab berbagai aktivitas di lingkungan pasar tentu menimbulkan interaksi antara penjual dan pembeli,”ungkapnya kepada Radar Tuba melalui telepon WhatsApp, Minggu (34/1/2021) sore.

Menurutnya, sejak pandemi Covid-19 awal tahun lalu, kegiatan di pasar-pasar memang tetap berlangsung, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Namun hasil pemantauan, lanjutnya, saat ini protokol kesehatan di pasar-pasar sudah mulai “kendor”.”Sepertinya sekarang mulai kendor. Untuk itu, kami akan segera menerjunkan tim ke lapangan untuk memastikan protokol kesehatan tetap berjalan dengan baik,”ulasnya.

BACA JUGA:  Nunik Lakukan RoadShow dan Evaluasi KLA Di Tuba

Bahkan menurutnya, sanksi tegas akan diberlakukan kepada siapa saja yang tidak mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di pasar.”Mulai pekan depan, kegiatan sidak akan kita lakukan lebih intensif lagi. Waktunya pun tidak terjadwal. Dengan begitu, akan kelihatan protokol kesehatan benar-benar dipatuhi atau tidak. Siapa saja yang tidak mematuhi, akan kami tindak tegas demi kebaikan kita bersama,”ujarnya.

Selain upaya pencegahan melalui pengetatan protokol kesehatan, pihaknya akan terus melakukan rutinitas penyemprotan desinfektan di lingkungan pasar, termasuk perlengkapan Alat Cuci Tangan (ACT) juga akan menjadi perhatian khusus. Khairul Amri juga berharap seluruh petugas pasar dapat lebih aktif mengingatkan para pedagang dan pembeli untuk mematuhi protokol kesehatan.”Mari bersama-sama kita cegah penularan Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan,”pungkasnya. (ded)