Pemkab Tuba Komitmen Laksanakan Aksi Stop BABS Serentak Bersama Masyarakat

9

Radartuba.com, TULANG BAWANG– Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tulang Bawang (Tuba) Ir.Anthoni, mewakili Bupati Hj.Winarti, SE., MH memerintahkan seluruh Kepala Dinas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kepala Bagian Sekretariat, Camat, Kepala Puskesmas bersama Masyarakat berkomitmen melakukan aksi untuk stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dalam waktu 2 bulan ini.

Sosialisasi yang diselenggarakan di ruang rapat utama lantai 2 Seketariat Pemkab Tuba ini mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Antoni dalam pemaparanya mengatakan, berdasarkan laporan dari Kadis Kesehatan, Fatoni bahwa dari 151 kampung/kelurahan baru 40 kampung yang sudah Stop BABS dengan rincian pecapaian tahun 2015 sebanyak 1 (satu) kampung, kemudian tahun 2016 sebanyak 1 (satu) kampung, tahun 2017 sebanyak 1 (satu) kampung, tahun 2018 sebanyak 16 (enam belas) kampung, dan tahun 2019 sebanyak 21 (dua puluh satu)
Kampung.

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini, diakhir tahun 2020 seluruh kampung dapat terealisasi semuanya di kabupaten Tulang Bawang,” ujar Antoni.

BACA JUGA:  Tatap Muka Kodim 0426/TB dengan Media Paska TMMD ke - 105

Ditempat yang sama kadis kesehatan Tuba, Fatoni juga mengatakan dalam sosialisasi ini, semua pihak diantaranya seluruh peserta sosialisasi, melalui gerakan Stop BABS ini seluruh kepala dinas OPD/Kabag Seketariat Daerah, Ketua Forum Kecamatan, dan Ketua Forum Kepala Puskesmas wajib untuk ikut serta dalam mensosialisasikan hal ini.

Hal ini bertujuan dalam rangka upaya percepatan Stop BABS di Kabupaten Tulang Bawang serta merupakan salah satu upaya intervensi menurunkan kasus stunting/gizi buruk, dan penyakit yang di akibatkan oleh sanitasi lingkungan, agar masyarakat membudayakan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Fatoni juga membeberkan Narasumber Sosialisasi Kabupaten Kota Sehat Melalui Gerakan Bersama Rakyat Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) ini, berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, yaitu Uki Basuki SKM.,M.Kes sebagai Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat. (ian)