Pemkab Mesuji Luncurkan Bantuan Sosial Beras Kemensos

14
Bupati Mesuji, Saply Th saat menyerahkan secara simbolis bantuan beras dari Kemensos-RI. Foto Ist For Radar Tuba

Radartuba.com, MESUJI-Pemerintah Kabupaten Mesuji melakukan peluncuran Bantuan Sosial Beras (BSB), bertempat di Balai Desa Muara Tenang Timur, Kecamatan Tanjung Raya, Rabu (14/10).

Peluncuran program Kementerian Sosial RI tersebut dilakukan  secara simbolis ditandai dengan penyerahan beras oleh Bupati Mesuji, Saply TH kepada Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH).

Saply mengatakan, bantuan tersebut merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM-PKH di seluruh Indonesia agar kebutuhan pangan beras bagi warga terkena dampak Covid-19 bisa terpenuhi dan tetap terjaga kesehatannya.

Menurutnya, bantuan berupa bahan pokok beras dan sejenisnya perlu dilakukan. Sebab, stimulus seperti ini akan sangat membantu masyarakat, dikarenakan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan terganggu akibat masih mewabahnya virus Covid-19.

Dijelaskannya, jumlah Keluarga Penerima Bantuan Sosial Beras berjumlah 10 juta KPM secara nasional, sedangkan di Kabupaten Mesuji sendiri mendapatkan alokasi bantuan sebanyak 8.010 KPM, dengan jumlah bantuan 15 kg beras per bulan per KPM selama tiga bulan sehingga jumlah total bantuan sebanyak 360 ton.

BACA JUGA:  Upaya Pencegahan, Kelurahan Daya Murni Sosialisasikan Bahaya Narkoba

“Kepada masyarakat para penerima manfaat, saya berharap bantuan dapat membantu mengurangi beban pengeluaran untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari khususnya di masa pandemi ini,” harapnya.

Saply juga mewanti-wanti jajarannya agar selalu mengawasi seluruh program bantuan bagi masyarakat karena masih banyaknya laporan masyarakat bahwa bantuan tidak tepat sasaran.

“Ini perlu jadi perhatian kita bersama karena merupakan isu yang sensitif. Tingkatkan koordinasi antar-stakeholder dan selalu turun ke bawah untuk memastikan bahwa bantuan tepat sasaran,” ujarnya. (Prokompim/mis)