Calon Kepala Tiyuh di Tubaba Sepakati Pilkati Damai dan Taat Protkes Covid-19

44

Radartuba.com, TUBABA– Seluruh Calon Kepala Tiyuh dalam Pemilihan Kepala Tiyuh (Pilkati) serentak tahun 2020 di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) sepakat melaksanakan dan mengikuti pesta demokrasi di tingkat tiyuh secara damai dan taat Protokol Kesehatan (Protkes) Covid-19. Kesepakatan tersebut mereka nyatakan dan ditandatangani dalam deklarasi yang berlangsung di Sessat Agung-Komplek Islamik Center Tubaba, Senin (12/10/2020).

Bupati Tubaba Hi. Umar Ahmad, SP yang hadir menyaksikan deklarasi tersebut berharap seluruh calon kepalo tiyuh dapat memahami dan mengetahui tata cara pemilihan serta mematuhi semua prosedur dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Lebih dari itu, Bupati juga menginginkan pilkati dapat dijadikan sebagai pedoman dalam berpolitik di tengah masyarakat serta dapat meningkatkan kesejahteraan di setiap tiyuh.

Terkait kegiatan deklarasi tersebut pilkati tersebut, Umar menilai sebagai salah satu wahana yang sangat penting dalam rangka memberikan pemahaman yang lebih komprenhensif tentang Prosedur Pelaksanaan Pilkati maupun juga tentang hakekatnya sebagai pintu gerbang keterlibatan masyarakat dalam penentuan kebijakan di setiap tiyuh pada era baru saat ini dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang telah di tentukan oleh Pemerintah.

“Saya juga berharap, seluruh masyarakat khususnya di tiyuh-tiyuh yang akan melaksanakan pilkati dapat yurut serta mensukseskan penyelenggaraan pilkati. Sebab, inilah wahana paling strategi sebagai ruang bagi terwujudnya partisipasi masyarakat dalam kehidupan demokrasi di daerah. Semoga, pilkati serentak tahun ini dapat menghasilkan pemimpin yang benar-benar aspiratif dan legitimated,”harapnya.

Sementara itu, Kapolres Tubaba AKBP. Hadi Saepul Rahman, S.I.K yang dalam kesempatan itu memimpin pembacaan ikrar deklarasi menekankan agar proses Pilkati nantinya berlangsung jujur,adil dan aman, serta tetap mematuhi peraturan Protokol Kesehatan.”Jaga keamanan dan kondusifitas dalam Pilkati dengan siap kalah dan siap menang,”tegasnya, seraya menyatakan bahwa Forkopimda akan terus memberikan semangat dan motivasi kepada calon kepala tiyuh yang akan mengabdikan diri di pemerintah tiyuh.

BACA JUGA:  Bupati Umar Ahmad Meminta Pembangunan Pasar Pulung Kencana Terus Diawasi

Hal senada juga diungkapkan oleh  Dandim 0412/LU yang diwakili oleh Pabung Mayor Inf A. Sunarya, S.Sos. Dia mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kekondusifan dan keamanan proses pilkati.”Kami dari pihak TNI khususnya Anggota Kodim 0412/LU siap untuk membantu mengamankan dan mensukseskan proses pelaksanaan pilkati di Tubaba,”singkatnya.

Berdasarkan pantauan, Deklarasi Damai taat Protokol Kesehatan Covid-19 tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Fauzi Hasan, SE.,MM, Danlanud M.Bunyamin Tuba diwakili oleh Kadisops Kapten Pom Adi Firmandadi, Kajari Tuba diwakili oleh Kasi Intel Raden Akmal, SH.,MH, Ketua Pengadilan Agama Tubaba Al Fitri S.Ag, SH, MH.I, Kepala Kemenag Tubaba Hi.Helmi, S.Ag, sejumlah pejabat eselon II dan IIi di Lingkungan Pemkab Tubaba, kapolsek dan para camat yang di wilayahnya akan menggelar pilkati.

Lalu, para calon Kepala Tiyuh, Ketua Panitia Pilkati, Pj Kepala Tiyuh, dan BPT dari 5 tiyuh  yang akan menggelar pilkati. Diketahui, pilkati serentak tahun ini akan dilaksanakan di 5 (lima) tiyuh, tersebar di 3 (tiga) kecamatan. Di Kecamatan Tulang Bawang Tengah akan dilaksanakan di Tiyuh Panaragan, Penumangan Baru, dan Mulya Kencana. Kemudian Tiyuh Gunung Katun Tanjungan di Kecamatan Tulang Bawang Udik dan Tiyuh Bangun Jaya Kecamatan Gunung Agung. (ded)