Dimasa Pandemi Pemkab Mesuji Terus Genjot Penyaluran KUR Untuk Masyarakat

77
Arif Arianto Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Mesuji. Foto Misdi

Radartuba.com, MESUJI-Ditengah masa pandemi dan perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional dan regional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji terus menggenjot realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hingga Triwulan III 2020 dana KUR di Kabupaten Mesuji yang tersalur mencapai  106 Milyar rupiah lebih, dengan jumlah debitur mencapai 4.097 orang.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian dan Pembangunan Arif Arianto, ST., M.Si, menjelaskan sektor dominan yang dibiayai oleh KUR adalah sektor pertanian, perdagangan, penyediaan makan minum dan transportasi . untuk perbankan Penyalur KUR didominasi oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), BNI dan Bank Mandiri serta Bank Lampung.

Sektor Pertanian paling dominan dibiayai oleh KUR dengan kontribusi mencapai  85%. Sedangkan BRI menjadi bank paling dominan menyalurkan KUR dengan kontribusi mencapai 56%.

BACA JUGA:  Cegah Korupsi, Pemkab Mesuji Terapkan SIPPKD

Banyak sektor belum tergarap maksimal, seperti perdagangan kecil dan eceran, masih sangat terbuka untuk dibiayai oleh KUR, bahkan sektor pertanian pun masih dapat ditingkatkan pembiayaan melalui KUR.

” Kedepan, kita akan roadwhow ke pusat pusat produksi pertanian, pasar dan wilayah wilayah potensial guna memperluas akses keuangan masyarakat khususnya KUR” jelas Arif diruang kerjanya, Kamis (24/9).

Lanjutnya, sasaran program KUR diantaranya adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti dibidang pertanian, perikanan, industri pengolahan, pedagang, penyedia akomodasi dan makan minum, Transportasi pergudangan, usaha persewaan, jasa pendidikan, dan jasa Kemasyarakatan sosial budaya hiburan.(mis)