Admi Syarif : Kesejahteraan Masyarakat juga Tanggung Jawab Kami

67
Tim dari jurusan Ilmu Komputer mendampingi peserta yang ikut pelatihan

Radartuba.com, PRINGSEWU—-Berbagai upaya terus dilakukan Universitas Lampung (Unila) untuk memberikan kontribusinya demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Bumi Ruwa Jurai ini. Teranyar, Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) kembali melakukan pembinaan dan pengabdian di Desa Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung. Kegiatan ini digelar dalam dua sesi yakni pertama Agustus 2020 dan sesi kedua 7 September 2020.

Ketua jurusan Ilmu Komputer Dr. Eng. Hi. Admi Syarif mengatakan, Pekon Wonodadi merupakan desa binaan jurusan Ilmu Komputer Fakultas MIPA. Pekon ini memiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan berupa usaha produksi kopi, beras, singkong, jipang, arum manis, tempe, rotan, dan taman wisata, serta konveksi sablon.

Pembinaan dilakukan agar kemampuan masyarakat Pekon Wonodadi serta pemilik usaha kecil dan menengah untuk membuat media promosi produk dan jasa yang lebih kreatif dan menarik. Sehingga dapat meningkatkan penghasilan masyarakat setempat khususnya di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pria yang menyelesaikan studinya di Ashikaga Institute of Technology (IoT), Jepang ini berharap, konstribusi pengabdian terhadap Pekon Wonodadi yang telah digelar bersama Tim Pengabdian dari Ilmu Komputer FMIPA Unila benar-benar bermanfaat demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat setempat dan umumnya Provinsi Lampung. “Kegiatan ini kami gelar karena kami merasa bahwa kemajuan dan kesejahteraan juga merupakan tanggung jawab kami juga. Bukan tidak mungkin ini akan menjadi contoh bagi desa-desa lainnya,”terangnya.

BACA JUGA:  Upaya Pencegahan, Kelurahan Daya Murni Sosialisasikan Bahaya Narkoba

Lebih rinci dijelaskan Admi, dua sesi pelatihan tersebut dilaksanakan untuk memberikan pengenalan terkait video profil dan kontennya, serta tutorial membuat video menggunakan Filmora 9 yang dilaksanakan tanggal 20 Agustus 2020. Kemudian, sesi kedua dilaksanakan pada tanggal 7 September 2020. Pada sesi ini membahas tentang pengambilan gambar dan sesi wawancara pada masing-masing UMKM unggulan. “Hasil pengambilan gambar dan wawancara akan dirangkai menjadi video profil Pekon Wonodadi. Nah video profil Pekon Wonodadi inilah yang di upload di website resmi pekon setempat,”jelasnya.

Admi sangat mengapresiasi kerja keras Tim Pengabdian dari Ilmu Komputer FMIPA Unila, pihak Pekon Wonodadi diwakili sekertaris desa, dan peserta pelatihan pembuatan video profil. Karena menurutnya kegiatan semacam ini akan mempunyai efek langsung terhadap kesejahteraan masyarakat. “Di era 4.0 ini sungguh akan tertinggal jauh ketika tidak memanfaatkan teknolgi,”tutupnya. (fei)