Launching Kampung Tangguh Nusantara, Ini Pesan Kapolres Mesuji

63
Kapolres Mesuji, AKBP Alim, Ketua DPRD Elfianah, Sekda Mesuji Syamsudin, Dirbinmas Polda Lampung Kombes Pol Anang, Ketua Pokdar Kabupaten Mesuji Sunardi SE usai Launching Kampung Tangguh Nusantata di desa Mulya Agung, Jumat (11/9). foto misdi radar tuba

Radartuba.com, MESUJI-Kepedulian Polres Mesuji untuk membantu pemerintah dalam penanganan Coronavirus Desaese 2019 (Covid-19) dikabupaten Mesuji salah satunya adalah membentuk desa atau Kampung Tangguh Nusantara (KTN) untuk melawan dan memutus mata rantai penularan virus yang sudah menjadi pandemi Global dunia.

Di Kabupaten Mesuji sendiri, desa yang ditunjuk untuk menjadi Kampung Tangguh Nusantara adalah desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang yang dinilai layak dan mampu menjadi pilot Projek Kampung Tangguh Nusantara diwilayah Kabupaten setempat.

Launching Kampung Tangguh Nusantara Bumi Ragab Begawe Caram Kabupaten Mesuji diresmikan Kapolda Lampung yang diwakili oleh Dir Binmas Polda Lampung Kombes Pol Anang dengan pemukulan dan menggunting tali pita, Jumat (11/9).

Dalam acara tersebut, turut hadir Dir Binmas Polda Lampung, Kapolres Mesuji AKBP Alim, Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Elfiana, Sekda Kabupaten Mesuji Syamsudin, Asisten I Indra Kusuma Wijaya, Danramil Simpang Pematang Mayor Khairul,  para Kepala Dinas, Kapolsek jajaran Polres Mesuji, Pokdar Kamtibmas Polres Mesuji, Para Camat Se-Kab Mesuji, Prangkat desa serta Masyarakat Desa Mulya Agung.a

Kapolres Mesuji AkBP Alim SH.SIK dalam sambutannya mengatakan bahwa virus corona sudah merusak tatanan kehidupan ekonomi masyarakat secara luas dan bahkan virus ini sudah merambah hampir diseluruh dunia atau  sebagai pandemi global yang perlu penanganan yang serius seluruh lapisan masyrakat.”Desa Mulya Agung dipilih menjadi Kampung Tangguh Nusantara Ragab Begawe Caram diharapkan bisa menjadi contoh dalam melawan dan memerangi Covid-19 di Kabupaten Mesuji,”Kata Kapolres.

Kapolres juga selalu mengingatkan masyrakat untuk selaku menjaga kesehatan dan   perlunya mematuhi Protokol kesehatan agar masyrakat bisa terhindar dan selamat dari ancaman penularan Covid-19.Mari kita sama-sama perangi Covid-19 dan dan bekerjasana dengan seluruh elemen masyrakat agar Kabupaten Mesuji bisa terhindar dari Virus yang membahayakan ini.

Kapolres menambahkan bahwa Kampung Tangguh Nusantara sendiri merupakan program khusus Kapolri dan Panglima TNI dalam rangka penanganan COVID-19 di bidang kesehatan, keamanan dan sosial ekonomi. Di Kabupaten Mesuji  sendiri, kampung tangguh tersebut bernama Kampung Tangguh Nusantara Ragab Begawe Caram.

“Saya mengajak mari kita bersama-sama  lawan corona dan sebagai kata terakhir Ikan Sepat Ikan Wader kalau mau selamat pake Masker,” ajaknya.

BACA JUGA:  Almarhum Gatot Basuki, Pegawai Potensial Pemkab Mesuji

Dirbinmas Polda Lampung Kombes Pol Anang menyampaikan progres serta dampak adanya Kampung Tangguh Nusantara yang dibentuk di provinsi lampung  dan dia berharap, kampung tangguh yang diluncurkan  banyak melibatkan masyarakat dalam mencegah penularan COVID-19.

Anang juga berharap seluruh masyarakat hingga ke tingkat RT/RW ikut berpartisipasi dalam mencegah penularan COVID-19. “Kita optimis, jika di tingkat RT sudah tangguh. Maka, Indonesia tangguh,” ujarnya.

Pada kesempatan itu  Anang juga mengpresiasi atas persiapan yang sudah dilakukan oleh seluruh masyrakat desa Mulya Agung untuk  menjadikan Kampung Tangguh Nusantara di Kabupaten Mesuji.

“Saya ucapkan terim kasih saya melihat persiapannya bagus dengan adanya Kampung Tangguh Nusantara bentuk solusi yang dimungkinkan dapat menjegah/memutus rantai penyebaran  Covid-19 ,Untuk bapak Kades untuk dapat terus mempertahankan protokol kesehatan yang sudah ada selama ini,kita berharap nantinya minimal satu kecamatan ada satu desa yang ditunjuk menjadi desa atau kampung Tangguh nusantara,”imbuhnya.

Sekda Mesuji Syamsudin mengatakan Pemerintah Kabupaten Mesuji dan Polres Mesuji telah menetapkan Desa Mulya Agung Sebagai Kampung Tangguh Nusantara.Dia mengingatkan agar seluruh masyrakat untuk mematuhi protokol kesehatan.Masyarakat Kabupaten Mesuji khususnya Desa Mulya Agung harus dapat menjadi contoh untuk desa -desa lain yang ada  di kabupaten ini mematuhi protokol kesehatan dalam kegiatan apapun. saya ucapkan selamat atas diresmikan desa Kampung Tangguh Nusantara dapat berjalan dengan baik dan menjadi contoh bagi Desa lainnya,”Ucapnya.

Kades Mulya Agung, Sony Imawan mengungkapkan, Kampung tangguh ini adalah hasil karya para ibu-ibu serta masyrakat Desa Mulya Agung, hasil bumi dari Desa Mulya Agung yang kami manfaatkan dan selalu di kembangkan demi kemajuan Kampung Tangguh Desa Mulya Agung.

“Ya kita memelihara 100 ribu ikan nila yang akan di manfaatkan untuk masyarakat sekarang dan penerus kami yang ada didesa ini selain itu Saya ucapkan terima Kasih kepada masyarakat yang sudah mematuhi protokol kesehatan demi memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mesuji khususnya Desa Mulya Agung,”tandasnya.(mis)