Satu Keluarga di Tuba Terkonfirmasi Positif Covid-19

72
Fatoni, Kepala Dinas Kesehatan Tulang Bawang

Radartuba.com, TULANG BAWANG – Satu Keluarga yang merupakan warga Meraksa Aji, Kabupaten Tulang Bawang (Tuba), terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (Covid 19).

Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Tuba, melalui juru bicara, Kepala Dinas Kesehatan Tuba, Fatoni melalui video di media sosial mengatakan, pasien 02, 03, dan 04 Covid-19 saat ini telah diisolasi di RSUD Menggala.

“Pasien 02 yakni tuan M (59), pasien 03 yakni nyonya S (51) dan pasien 04 nona D (24). Ketiganya satu keluarga alamat RT.04/RW.01 Kampung Mulyo Aji, Kecamatan Meraksa Aji, Tulang Bawang,” jelas Fatoni, Rabu (09/09).

Fatoni juga menjelaskan, ketiganya yang merupakan satu keluarga terkonfirmasi positif Covid-19 usai melakukan kunjungan ke Kalimantan Barat (Kalbar).

“Pada hari Sabtu (8/8) satu keluarga melakukan perjalanan ke Kalbar untuk menghadiri pernikahan anaknya melalui jalur udara bandara Raden Intan II Lampung,” lanjut Fatoni.

Sebelum berangkat, satu keluarga tersebut telah melakukan rapid test di Dinkes Tuba dengan hasil non reaktif.

Namun pda perjalanan pulang ke Tulang Baawang pada Rabu (19/8), ketiganya telah merasakan gejala batuk, pilek, demam, dan sesak nafas.

“Tim surveilans Puskesmas menganjurkan untuk isolasi mandiri dan diberikan obat dan vitamin. Kemudian pada Kamis (20/8) pasien mempunyai inisiatif ke bidan kampung namun tidak ada perubahan,” ujarnya.

BACA JUGA:  Kunjungi Bupati Winarti, Danlanud Beri Hadiah

Kemudian, pada Senin (31/8) pasien berobat ke salah satu dokter praktik dan Pada hari Rabu (2/9) ketiga pasien dilakukan rapid test oleh tim surveilans Puskesmas dengan hasil non reaktif.

“Kemudian pada Jumat (4/9) tim surveilans dari Puskesmas kembali melakukan rapid test sebanyak dua kali oleh dan teryata hasilnya reaktif,” tambahnya

Mendapati adanya reaktif pada ketiganya dianjurkan untuk isolasi mandiri, dan pada Senin (7/9) dilakukan pengambilan swab dan dikirim ke laboratorium Kesda Provinsi Lampung.

“Selanjutnya, Selasa (8/9) Pj Dinas Kesehatan Provinsi Lampung memberitahukan kepada kami bahwa hasil swab ketiga pasien tersebut positif Covid-19,” kata Dia.

“Untuk saat ini ketiga pasien tersebut telah dirawat di ruang isolasi RSUD Menggala dengan kondisi secara umum baik. Saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang jangan panik, tapi tetap waspada,” ujarnya

Diharapkan dengan adanya terkomfirmasi ini saya berharap kepada seluruh Masyarakat diharapkan dapat menerapkan protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak dan sering mencuci tangan dengan sabun atau gunakan handsanitizer

“Terapkan protokol kesehatan, wajib pakai masker, mari sama-sama kita sadar untuk mengikuti aturan pemerintah dalam menerapkan Protokol Kesehatan,” ujar Fatoni.(ian)