YPLP-PGRI Lampung Gelar Rakerda I Tahun 2020

19

Radartuba.com, Bandar Lampung – Perwakilan Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan – Persatuan Guru Republik Indonesia (YPLP – PGRI) Provinsi Lampung menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I tahun 2020.

Rapat Kerja dilaksanakan di Hotel Nusantara Syariah Bandar Lampung pada hari Sabtu, (22/8).

Hadir pada rapat kerja tersebut Wakil Ketua PGRI Provinsi Lampung Drs. Budi Raharjo, M.M.Pd., Ketua Perwakilan YPLP-PGRI Provinsi Lampung, Drs. H. Haryanto, M.Si., beserta pengurus, Pengurus Perwakilan YPLP – PGRI kab/Kota se-Prov. Lampung, Kepala SMA dan SMK PGRI se-Provinsi Lampung.

Rapat kerja itu dibuka secara langsung oleh Wakil Ketua PGRI Provinsi Lampung, Drs. Budi Raharjo, M.M.Pd. mewakili Ketua PGRI Provinsi Lampung Drs. Suharto, M.Pd. yang berhalangan hadir.

Raker menjadi sangat istimewa karena juga dihadiri secara virtual oleh Ketua YPLP-PGRI Pusat Prof. Dr. Supardi U.S., M.M.,M.Pd.

Dalam kata sambutannya, Prof. Supardi menyampaikan sejarah PGRI dan 3 pilar sekolah PGRI.

“PGRI sudah lahir jauh sebelum Indonesia merdeka, yakni pada tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Pada tahun 1932 berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) kemudian berubah lagi menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam deklarasi para guru pada tanggal 24 -25 November 1945,” Prof. Supardi menjelaskan.

Lanjutnya, sekolah PGRI memilili 3 pilar, yaitu: a). organisasi induk PGRI, b). Badan Penyelenggaraan Sekolah PGRI, dan c). Pimpinan dan civitas sekolah PGRI.

BACA JUGA:  Peserta Didik SDN 02 Menggala Kembali Torehkan Prestasi Tingkat Nasional

Sementara itu Ketua YPLP-PGRI Provinsi Lampung, Drs. Haryanto, M.Si. mengajak kepada seluruh pengurus YPLP-PGRI Kab/Kota dan para Kepala SMA/SMK PGRI untuk bekerja dengan ikhlas.

“Saya mengajak kepada seluruh pengurus YPLP-PGRI Kab/Kota dan para Kepala SMA/SMK PGRI untuk bekerja dengan ikhlas. Jadikan pengabdian kita sebagai investasi akherat,” ajaknya.

Untuk diketahui, Rakerda I Perwakilan YPLP-PGRI Provinsi Lampung itu diawali dengan pelantikan pengurus Perwakilan YPLP-PGRI Kab/Kota periode 2020-2025 dan Kepala SMA/SMK PGRI periode 2020-2024 se-Provinsi Lampung. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Perwakilan YPLP-PGRI Provinsi Lampung.

Ketua Panitia, Drs. H. Komaruzzaman, M.M. dalam laporannya mengatakan bahwa rakerda yang bertema “Solidaritas dan Sinergitas Dibingkai Nilai Ketaqwaan Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas ” itu diikuti oleh 115 orang terdiri atas 45 orang pengurus Perwakilan YPLP-PGRI, 26 orang Kepala SMA/SMK PGRI, 15 orang panitia, 11 orang undangan, dan 18 orang guru pendamping Kepala Sekolah yang dilantik.

Sesuai agenda, rapat ditutup oleh Dr. Joko Sutrisno, M.Pd. pada pukul 16.00. Dalam kata sambutan penutupan Dr. Joko mengajak agar para pengurus Perwakilan YPLP-PGRI dan para Kepala SMA/SMK PGRI untuk optimis ‘menghidupkan’ sekolah-sekolah PGRI. (rus/ogi)