Winarti Minta Semua Pihak Fokus Program Lanjutan Pembangunan Tahun 2020

37

Radartuba.com, TULANG BAWANG – Bupati Tulang Bawang (Tuba) Hj.Winarti, SE., MH meminta dengan disahkannya APBD-P semua pihak dapat konsisten untuk terus melanjutkan beberapa program lanjutan pembangunan disejumlah titik, dan program pembangunan lainnya, yang telah digagas dan direncanakannya.

Kepada Radar Tuba Bupati Winarti mengatakan, Program lanjutan yang harus di selesaikan tersebut diantaranya pembangunan tugu perbatasan Astra Ksetra, tugu BMW Simpang Penawar, tugu Garuda Menggala, tugu Ikan Jelabat, perbaikan jalan Menggala, jalan jalur dua Unit 2, drainase dan jalan lingkungan pasar Unit 2 dan sejumlah program pembangunan lainnya, Minggu (9/8).

Winarti juga menjelaskan, berkat kerja keras bersama, 25 program unggulan Kabupaten Tuba telah disepakati dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan juga dalam anggaran perubahan 2020 ini.

“Laporan ini akan segara disampaikan kepada Gubernur Lampung agar dapat sesegera mungkin dievaluasi, sehingga dapat melakukan pembangunan secara cepat,” jelas Winarti.

Mantan ketua DPRD Tuba dua periode ini menambahkan, dalam pengesahan APBD-P ini ada sejumlah program pembangunan infrastruktur yang akan dilanjutkan dan direalisasikan pada tahun ini.

“Patut untuk kita syukuri bersama, APBD-P telah disahkan, kita akan melanjutkan program pembangunan infrastruktur dan non infrastruktur. Prosesnya melalui bergotong-royong bersama bergerak melayani warga, untuk kesejahteraan masyarakat seluruhnya,”ujar Winarti.

Sementara itu untuk APBD-P tahun 2020 yang disahkan itu sebesar Rp1,1 triliun, berkurang dari APBD murni 2020 yang ditetapkan Rp.1,3 triliun.

Penurunan angka APBD akibat adanya refocusing anggaran untuk penanganan dan penanggulangan bencana nasional Covid19.

“Semoga dengan adanya perubahan tahun ini, dimasa Covid-19 semua terus semangat untuk terus melanjutkan pembangunan di Tuba dan untuk kemajuan Kabupaten Tulang Bawang,” harap Winarti.

Disisi lain Wakil Bupati (Wabup) Tuba, Hendriwansyah, juga menyampaikan hal yang sama. Menurutnya, program pembangunan Win-Hen akan dilaksanakan dan dituntaskan secara bertahap, dan dilaksanakan secara bersama-sama dan bergotong-royong.

BACA JUGA:  Bupati Tulangbawang Ajak ASN Teguhkan Kembali Komitmen Kebangsaan

“Ya, secara tugas dalam pengabdian dan institusi sebagai Wabup Tuba, patutlah bersyukur program pembangunan dapat terlaksana berkat kerja sama dan kerja keras seluruh OPD atau satuan kerja perangkat daerah,” ujar Hendriwansyah.

Mantan anggota DPRD Tuba ini juga berharap, proses pelaksanaan pembangunan infrastruktur ini harus mengedepankan kualitas dan sesuai regulasi. Pembangunan fisiknya harus baik dan benar. Prosesnya harus baik sehingga menghasilkan yang baik.

Sementara itu beberapa waktu lalu Ketua DPRD Tuba, Sopi’i, juga mengingatkan kepada legislatif agar segera melaksanakan dan melanjutkan program pembangunan yang sempat tertunda dan belum dituntaskan. Pihak Legislatif berharap, pihak Eksekutif dapat melaksanakan program pembangunan dengan baik dan benar sesuai dengan regulasinya.

“Kami sebagai lembaga kontrol dan pengawasan, tentunya berharap pihak Eksekutif melaksanakan program pembangunan sesuai regulasi, prosesnya harus baik dan benar, utamakan kualitas dalam pembangunan infrastrukturnya,”kata Sopi’i.

Disisi lain, Pemkab Tuba juga mendapatkan Dana Bagi Hasil (DBH) dari Provinsi Lampung, dari DBH sementara sebesar Rp.3 Milyar. Dana DBH itu akan dialokasikan untuk perbaikan jalan di Kecamatan Gedung Aji dan Rawapitu. Progresnya akan dilaksanakan pada tahun ini secara bertahap.

Kemudian, kelanjutan perbaikan jalan poros Simpang Penawar sampai Rawajitu, oleh Pemerintah Pusat dengan anggaran APBN sebesar 247 M akan dilaksanakan pada tahun 2020 ini dan akan dituntaskan, progresnya juga secara bertahap.

Kemudian Kepala BPKAD Tuba, Rustam Effendi, menerangkan, bahwa dana kas daerah telah tersedia dan standbay dibagian keuangan daerah, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kelanjutan pembangunan infrastruktur dan non infrastruktur.

“Ya, dana telah tersedia dan stanbay di keuangan. Pokoknya dananya stanbay siap digunakan kapan saja dan dimana saja. Kita menunggu perintah dan siap untuk menyalurkannya sesuai dengan peruntukannya,” ujar Rustam Efendi.(ian)