Pasien Positif Covid-19 Klaster Jakarta Bertambah Satu Orang, Majril : Jadi, Ada 6 Pasien Yang Dirawat

252

Radartuba.com, TUBABA-Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) bertambah 1 (satu) orang. Hal ini berdasarkan hasil uji swab terhadap RI (24), seorang perempuan warga Tiyuh Marga Jaya, Kecamatan Gunung Agung yang memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. Sebelumnya, pasien ke-11 (P-11) positif Covid-19 ini juga telah menjalani rapid test sebanyak 2 (dua kali) dan hasilnya menunjukkan reaktif.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tubaba, Majril, S.Kep, Ns, MM.”Dengan adanya penambahan satu orang pasien tersebut, saat ini pasien yang di rawat di ruang perawatan isolasi RSUD Tubaba menjadi berjumlah 6 (enam) orang pasien, yaitu P-06, P-07, P-08, P-09, P-10 dan P-11,”ungkapnya kepada Radar Tuba melalui WhatsApp, Jum’at (7/8/2020) pagi sekitar pukul 08.30 WIB.

Dijelaskannya bahwa, perjalanan RI menuju Lampung adalah dalam rangka tugas yang diberikan oleh perusahaan tempat ia bekerja.”Yang bersangkutan ini bekerja di sebuah perusahaan kalibrasi di Jakarta. Dia ada ada tugas kalibrasi ke RS Palembang pada tanggal 30 Juli 2020, sehingga dilakukan rapid test sebelum keberangkatannya dan hasilnya menyatakan reaktif.

Lalu, lanjutnya, pada tanggal 4 Agustus 2020 RI pulang ke Lampung, dan sampai di Kota Metro langsung memeriksakan dirinya di sebuah RS di wilayah itu dengan hasil rapid test kedua yang dilakukannya tersebut tetap menunjukkan reaktif.”Saat itu, dia juga menginap di Metro. Setelah mendengar kabar tersebut, kedua orang tuanya keesokan harinya (5/8/2020) langsung menjemputnya dari Metro,”terangnya.

BACA JUGA:  Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat, Lurah Daya Murni Galakkan Gerakan Opsih

Kemudian, jelas Majril,  orang tuanya langsung berkoordinasi dengan UPTD Puskesmas Sukajaya-Gunung Agung dan pasien langsung dibawa ke RSUD Tubaba untuk isolasi dan persiapan pengambilan sampel pemeriksaan swab.” Kita juga mendapat tembusan dari RS di Metro tersebut terkait pasien dan sejak Rabu (5/8/2020) lalu pasien memang sudah diisolasi. Pengambilan sampel swab juga sudah dilakukan sebanyak dua kali,  hari Rabu dan Kamis (5-6/8/2020). Hasil uji swab laboratorium RSUD Menggala hati ini menyatakan terkonfirmasi positif (+) Covid – 19,”urainya.

Terkait penetapan pasien RI ( P-11 ) sebagai pasien terkonfirmasi positif Covid-19  pihaknya juga menunggu rilis resmi yg dikeluarkan oleh Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Lampung.”Kemungkinan siang ini atau sore nanti sudah dirilis resmi. Tapi yang jelas, besok (Sabtu, 8/8/2020) tim medis akan  segera melakukan tracking dan screening terhadap keluarga dan orang-orang yang kontak erat dengan P-11 tersebut,”pungkasnya. (ded)