Pandemi Covid-19, Pengibar Bendera HUT RI ke-75 Hanya 3 Orang

64
Ronal Nasution, S.STP Kadisporapar Mesuji. Foto Rangga

Radartuba.com, MESUJI-Karena masih dalam masa Pandemi Covid-19, pengibaran Bendera peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke-75 tahun 2020, pada tanggal 17 Agustus nanti hanya akan dikibarkan oleh tiga orang Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

Kepastian itu dikatakan  Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Mesuji, Ronal Nasution S.STP, berdasarkan Surat Edaran dari Menteri Sekretaris Negara (Menseksneg) Republik Indonesia terkait teknis pelaksanaan pengibaran bendera.

“Kita tetap melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke-75 dengan pengibaran bendera, namun bedanya tahun ini kita hanya menggunakan tiga pengibar, itu terkait New Normal ditengah Pandemi Covid-19,” jelas Ronal kepada media saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (4/8).

Ronal menambahkan, Pihaknya menyediakan 8 orang Pengibar bendera  dengan tugas 3 orang sebagai menaikkan bendera, 3 orang menurunkan, serta 2 orang cadangan.

BACA JUGA:  Pemkab Mesuji Laksanakan Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT RI Ke-74

“Untuk total kita siapkan 8 orang, 3 orang bertugas sebagai menaikkan bendera pada pagi hari, 3 orang sebagai penurun bendera pada sore harinya, dan dua orang sebagai cadangan, namun ke 8 pengibar yang kita siapkan tersebut merupakan PPI 2019 (Purna Paskibra Indonesia tahun 2019-red),” tambahnya.

Terkait teknis peserta upacara, Ia menjelaskan Pemerintah Kabupaten Mesuji sedang dalam pembahasan siapa saja dan berapa orang maksimal yang terlibat mengikuti upacara tersebut.

“Untuk peserta masih dalam pembahasan, kita akan lakukan rapat kembali dengan panitia pada hari Jumat 7 agustus sekaligus  pemantapan terkait siapa saja yang akan dilibatkan untuk peserta upacara, yang pasti akan ada pengurangan jumlah juga dari biasanya,” pungkasnya.(ngga/mis)