KEGIATAN PEREKONOMIAN TERHAMBAT, CAMAT IMBAU MASYARAKAT TIDAK PANIK SIKAPI COVID-19

35

Radartuba.com, TUBABA -Pasca 5 (lima) warganya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab, Camat Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) mengakui  kegiatan sejumlah pusat perekonomian di wilayah setempat sedikit terhambat. Hal itu kemungkinan besar disebabkan oleh kepanikan masyarakat yang begitu tinggi terhadap penyebaran Covid-19 tersebut.

“Sekarang pasar-pasar sangat sepi. Contohnya saja di Unit 6 Lambu Kibang yang biasanya paling ramai dibandingkan pasar lainnya, menjadi sepi setelah ada warga di kecamatan ini yang terkonfirmasi positif Covid-19,”ungkap Haderiansyah Priala Hatang, S.STP, MH, saat berbincang-bincang dengan Radar Tuba melalui telepon, Selasa (4/8/2020) siang, sekitar pukul 13.00 WIB.

Dia tidak menampik, berbagai isu terkait Covid-19 memang bermunculan di tengah-tengah masyarakat setelah ada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut.”Berbagai langkah sudah kita lakukan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Tapi informasi yang berkembang di masyarakat terkadang berbeda-beda, makanya saya selalu mengingatkan agar tidak mudah mempercayai informasi yang belum tentu kebenarannya, apalagi sampai ikut menyebarkan,”ulasnya.

Hade juga menghimbau agar masyarakat tidak terlalu panik, tetap tenang dan selalu waspada, serta mengikuti anjuran pemerintah dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.”Tidak usah panik, tapi tetap waspada. Dalam hal ini, seluruh lapisan masyarakat juga diharapkan dapat saling mendukung, mengingatkan dan mengawasi untuk lebih disiplin lagi dalam penerapan protokol kesehatan. Tidak hanya itu, membiasakan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dalam kehidupan sehari-hari juga sangat penting,”tandasnya, seraya bersyukur satu pasien asal Lambu Kibang beberapa waktu lalu sudah dinyatakan negatif (sembuh).

BACA JUGA:  Caleg Terpilih Tubaba Dilantik 19 Agustus 2019

KONDISI PASIEN STABIL & SEMAKIN MEMBAIK

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tubaba Majril, S.Kep, Ns, MM, mengungkapkan kondisi kesehatan 5 (lima) pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah setempat saat ini dalam keadaan stabil dan semakin membaik. Mereka masih menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUD Tubaba. Rencananya, kata dia, akan dilakukan uji swab kembali guna memastikan apakah sudah negatif atau masih tetap positif Covid-19.

“Untuk P-06 akan dilakukan uji swab ketiga, sedangkan empat pasien lainnya (P07-P10) adalah uji swab kedua. Kita berharap hasil lab semuanya negatif,”harapnya. Diketahui, hingga saat ini ada 10 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Tubaba. Namun, saat ini masih 5 (lima) saja yang dirawat oleh tim medis RSUD Tubaba,yakni  P-06 (ES) warga Kibang Yekti Jaya-Lambu Kibang,  P-07 (DS) dan P-08 (WA) warga Kibang Mulya Jaya-Lambu Kibang.

Lalu, P-09 (TW) warga Sido Agung-Way Kenanga, dan P-10 (RP) warga Kibang Yekti Jaya-Lambu Kibang. Sementara 4 (empat) pasien klaster Gowa-Sulawesi Selatan memang telah dinyatakan sembuh sejak Mei lalu, dan 1 (satu) pasien riwayat perjalanan Jakarta warga Kibang Yekti Jaya-Lambu Kibang juga sudah dinyatakan sembuh berdasarkan hasil uji swab beberapa waktu yang lalu. (ded)