Diskes Tubaba Siap Fasilitasi Pengobatan Naira

16

Radartuba.com, TUBABA-Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Kesehatan (Diskes) setempat siap memfasilitasi pengobatan Naira Gussela Putri, gadis kecil asal Tiyuh Daya Asri Kecamatan Tumijajar yang sejak enam bulan lalu pengidap penyakit  Leukemia Phenotyping (Kanker Darah).

Hal itu ditegaskan Kepala Diskes Kabupaten Tubaba, Majril, S.Kep, Ns, MM saat dikonfirmasi wartawan terkait hal itu, Selasa (7/7/2020) sore sekitar pukul 17.00 WIB.”Kami baru mengetahui informasinya, dan langsung kami tindak lanjut melalui puskesmas Daya Murni yang merupakan wilayah tanggung jawab kerjanya,”ungkap Majril  melalui telepon.

Majril juga membenarkan, bahwa Naira Gussela Putri merupakan warga Daya Asri yang mengidap Kanker Darah sejak enam bulan lalu, dengan pengobatan menggunakan BPJS Mandiri.”BPJS Mandiri pasien itu memang terdaftar di Puskesmas Daya Murni, tetapi memang pasien tidak pernah berobat di puskesmas setempat, jadi Puskesmas tidak mengetahui riwayat pasien. Untuk itu, upaya Pemkab Tubaba melalui Dinas Kesehatan adalah dengang segera akan memindahkan BPJS mandirinya ke BPJS yang ditanggung oleh pemerintah daerah, akan kita bantu dengan maksimal,” jelas Majril.

Pihaknya juga sudah mengecek kondisi keluarga Pasien di Tiyuh Daya Asri Kecamatan Tumijajar, bahkan diakui Majril bahwa keluarga pasien memang sangat membutuhkan bantuan berkaitan dengan pembiayaan untuk kebutuhan hidup Naira selama pengobatan.”Kita sudah cek di tempat Naira tinggal. Yang jelas, kita akan koordinasikan juga jadwal rujukannya dan akan kita fasilitasi dengan menggunakan mobil ambulan. Berkaitan dengan kebutuhan diluar pengobatan pasien, akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial,”pungkasnya.

BACA JUGA:  Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Kakam Tri Rejomulyo Prioritaskan Ketersediaan Alkes

Sementara itu, Kepala Tiyuh Daya Asri Kecamatan Tumijajar, Alifiantoro, mengungkapkan bahwa pada bulan Juni lalu masyarakat setempat telah berupaya menggalang dana bantuan sebagai bentuk keprihatinan terhadap gadis kecil tersebut.”Alhamdulillah bulan lalu kita coba menggalang dana bantuan untuk bantu pembiayaan Naira, memang yang sangat dibutuhkan saat ini adalah bantuan biaya buat kebutuhan hidup sehari-hari selama pengobatan diluar daerah, Naira tinggal bersama nenek dan kakeknya dengan kondisi yang tidak mampu. Semoga pemerintah daerah bisa turut membantu dan kalaupun ada dermawan yang ingin turut membantu bisa langsung ke kediaman neneknya Naira di Tiyuh Daya Asri ini,”singkatnya kepada wartawan. (*/ded)