Dorong PAD, Disporapar Mesuji Petakan Lokasi Wisata

26
Kadis Disporapar Mesuji Ronal Nasution saat menunjukkan kepada Bupati Mesuji Hi Saply TH gambar peta Lokasi titik embung Simpang Mesuji.Foto Prokompim Mesuji

Radartuba.com, MESUJI-Untuk meningkatkan Penghasilan Asli daerah (PAD) Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) mulai memetakan kembali  potensi wisata di beberapa titik diwilayah Mesuji, salah satunya embung yang ada di desa Simpang Mesuji, Kecamatan Simpang Pematang.

Kepala Disporapar Mesuji, Ronal Nasution S.STP mengatakan, untuk langkah awal, penjajakan dilakukan di embung Simpang Mesuji Kecamatan Simpang pematang yang sebelumnya memang sempat dijadikan lokus pembangunan  wisata air dari Dana Alokasi Khusus (DAK) namun terhalang akibat pandemi Covid-19.

“Rencana pembangunan terpaksa tertunda karena dana yang dialokasikan ditarik kembali oleh Kementerian akibat  pendemi Corona beberapa waktu lalu, namun sekarang kita petakan kembali dan kamis kemarin kita sudah tinjau bersama Bupati embung yang ada di Simpang Mesuji,’jelas Ronal, Sabtu  (3/7).

BACA JUGA:  Kadis PMDT Provinsi Lampung  Zaidirina Tinjau Desa Kawasan di Mesuji

Meski demikian, masih kata Ronal, celah kemungkinan alokasi itu dikembalikan sangat terbuka sebab Kabupaten Mesuji kini masuk dalam zona hijau menuju New Normal.

“Karenanya, kita merasa perlu untuk mempersiapkan segala kemungkinan  salah satunya dengan melakukan pemetaan kembali,” terang mantan kabag humas Mesuji ini.

Selain di wilayah Kecamatan Simpang pematang, Ronal juga merencanakan akan melakukan pemetaan di beberapa kecamatan lain seperti Tanujung raya, Mesuji dan Way Serdang.

“Setelah ini, kita akan petakan potensi embung Desa Bukoposo dan Desa Pancawarna Kecamatan Way Serdang,” terangnya.

Ronal berharap, dengan penambahan obyek wisata yang sudah ada saat ini, diharapkan akan mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD).”Dan yang jelas  sekaligus menciptakan  peluang kerja bagi masyarakat sekitar,” pungkasnya.(mis)