Tubaba Masuk Zona Hijau Covid-19, Majril : Tim Medis Tetap Siaga, Protokol Kesehatan Tetap Harus Diterapkan

102

Radartuba.com, TUBABA-Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) saat ini masuk dalam daftar Zona Hijau atau wilayah tanpa kasus Covid-19. Meski begitu, Dinas Kesehatan (Diskes) Tubaba tetap menghimbau masyarakat di daerah setempat untuk selalu mematuhi aturan maupun himbauan pemerintah dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Diskes Tubaba Majril, S.Kep.,Ns.,MM, mengatakan, kepastian Tubaba masuk daftar zona hijau berdasarkan rilis yang disampaikan secara resmi oleh Gugus Tugas Nasional beberapa hari lalu.”Jadi di Provinsi Lampung ada tambahan 3 kabupaten yang masuk zona hijau setelah Lampung Timur dan Mesuji. Yakni Kabupaten Tubaba, Tulang Bawang, dan Pringsewu,”ungkapnya kepada Radar Tuba saat dikonfirmasi melalui telepon, Selasa (30/6/2020) sore.

Dijelaskannya, bahwa zona hijau ada dua kategori. Pertama, adalah daerah yang sejak awal memang tidak ada kasus positif Covid-19. Kedua, yakni daerah yang pernah terkonfirmasi kasus positif namun semua berhasil ditangani dan dinyatakan sembuh, lalu selama 4 minggu terakhir tidak ada penambahan kasus baru.”Nah, kita masuk kategori yang kedua. Karena pernah ada kasus, tapi berhasil kita tekan hingga tidak ada penambahan kasus baru (nihil kasus positif),”ulasnya.

Meski masuk zona hijau, pihaknya tetap menyiagakan tenaga kesehatan, termasuk tim medis khusus yang dibentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tubaba di RSUD Tubaba tetap melakukan kesiapsiagaannya.”Kita tidak tahu perkembangan kedepan seperti apa. Makanya, kita tetap menyiagakan tim medis. Artinya setiap 3 bulan kita evaluasi, sembari menunggu petunjuk selanjutnya, baik itu dari provinsi maupun pusat,”terangnya.

BACA JUGA:  Mantapkan Persiapan, Tuba Tengah Berkarya FC Optimis Pertahankan Gelar Juara Bupati Cup

Selain itu, lanjutnya, himbauan kepada masyarakat tentang pencegahan Covid-19 dan protokol kesehatan juga terus dilakukan, baik melalui pemerintah tiyuh maupun gugus tugas yang ada. Sebab menurutnya, banyak publik yang belum memahami New Normal atau Tatanan Hidup Baru ditengah pandemi Covid-19.”Banyak yang beranggapan New Normal atau kebiasaan baru itu kembali seperti semula sebelum Covid-19, padahal bukan seperti itu,”tandasnya.

“Artinya, protokol kesehatan harus tetap diterapkan oleh masyarakat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Yakni dengan tetap menjaga jarak (social distancing & physical distancing), menggunakan masker, dan biasakan cuci tangan pakai sabun sebelum atau sesudah beraktivitas,”pungkasnya. (ded)

Berikut data perkembangan kondisi warga masyarakat terkait kegiatan penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Tubaba per Selasa, 30 Juni 2020 (Sumber : Rilis Kominfo berdasarkan laporan Kepala Diskes Tubaba) :

1. Jumlah Pendatang Lama : 5.587 orang
2. Jumlah Pendatang Baru : 1 orang
3. Jumlah total pendatang : 5.588 orang
4. Orang Dalam Pemantauan (ODP) : 4 orang
5. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) : 0 orang
6. Pasien positif (+) diisolasi mandiri : 0 orang
7. Pasien positif (+) dirawat : 0 orang
8. Pasien Negatif (-)/sembuh : 4 orang
9. Pasien meninggal dunia: tidak ada
10. Orang Tanpa Gejala (OTG) : 7 orang
11. ODP selesai pemantauan: 86 orang
12. OTG selesai pemantauan: 37 orang