Lima Camat di Tubaba Resmi Jadi PPATS

9

Radartuba.com, TUBABA-Lima orang Camat di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) telah diangkat sebagai Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS) oleh Kepala Kantor Pertanahan Tubaba, Abdul Aziz Heru Setiawan, A.Ptnh.,MH. Kelimanya yakni Achmad Nazaruddin, S.IP, M.IP (Camat Tulang Bawang Tengah); Haderiansyah Priala Hatang, S.STP, MH (Camat Lambu Kibang); Dahyi Adi Jaya, SE (Camat Gunung Terang); Iskandar, SE, MM (Camat Way Kenanga); dan Eriko Fernando, SE, MM (Camat Pagar Dewa).

Diketahui, mereka adalah camat baru yang diangkat oleh Bupati Tubaba Hi. Umar Ahmad, SP pada akhir Desember 2019 lalu. Sebelum dilantik menjadi PPATS tersebut, kelimanya juga sudah mengikuti pelatihan Peningkatan Kualitas PPATS yang digelar oleh Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kanwil BPN) Provinsi Lampung di awal Juni lalu.

Hal ini dibenarkan oleh Camat Tulang Bawang Tengah, Achmad Nazaruddin, S.IP, M.IP.”Ya benar, saya dan empat orang camat lainnya sudah resmi sebagai PPATS. Pengambilan sumpah jabatan dan prosesi pelantikannya telah berlangsung pada 25 Juni 2020 di Aula Kantor Camat Tulang Bawang Tengah,”ungkapnya saat dikonfirmasi Radar Tuba melalui telepon, Minggu (28/6/2020) siang.

Menurutnya, pengangkatan camat sebagai PPATS oleh Kantor Pertanahan tentu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang akan mengurus akta tanah atau administrasi pertanahan lainnya.”Dengan begitu, pelayanan akan semakin mudah dan lancar, karena PPATS di Tubaba sudah ada di setiap kecamatan,”terangnya.

BACA JUGA:  Pimpin Musrenbang, Hj. Winarti, SE. MH Perkuat Ekonomi Masyarakat Mandiri

Sebagai PPATS, lanjutnya, camat diberi kewenangan untuk melaksanakan tugas PPAT, salah satunya yakni membuat akta-akta otentik mengenai perbuatan hukum tertentu mengenai hak atas tanah, Akta Jual Beli (AJB) misalnya.”Meski demikian, kami selaku PPATS tentunya tetap dalam binaan dan pengawasan Kantor Pertanahan dalam melaksanakan kewenangan tersebut,”ulasnya.

Disinggung mengenai langkah ke depan selaku PPATS di wilayah kecamatan Tulang Bawang Tengah, Nazar memastikan siap melaksanakan tugasnya tersebut.”Yang jelas, pelayanan administrasi pertanahan di kecamatan ini akan terus kami tingkatkan. Program kedepan kita akan jemput bola dengan tetap mengedepankan tertib administrasi,”tandasnya.

Dihubungi terpisah, Camat Lambu Kibang yang juga dilantik sebagai PPATS menyatakan akan mendukung Program BPN dalam hal Tertib Administrasi Pertanahan.”Sesuai dengan kapasitas selaku PPATS, tentu saya akan berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait administrasi pertanahan di kecamatan ini,”singkat Haderiansyah Priala Hatang, S.STP, MH melalui telepon. (ded)