Persebaya Banyak Talenta Muda, Aji Setuju Wacana Pemain U-20 di Liga 1

32

Belum ada kepastian tentang kelanjutan kompetisi Liga 1 2020. Namun, sudah ada beberapa opsi yang dimunculkan. Salah satunya, wacana untuk memainkan pemain U-20.
Wacana itu digagas sebagai salah satu persiapan Indonesia dalam menghadapi Piala Dunia U-20 2021. Bila aturan tersebut diberlakukan, liga itu diharapkan bisa menjadi ajang pemantauan pelatih timnas U-19 kepada pemain-pemain U-20.

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso menyambut baik wacana tersebut. ’’Saya sih setuju saja dengan aturan yang ditentukan federasi. Apalagi mewajibkan untuk memainkan pemain muda. Saya sangat setuju,’’ tutur Aji. ’’Apalagi kan, memang saya sangat support dengan pemain muda untuk bisa tampil. Intinya, saya sangat setuju,’’ lanjut pelatih asli Malang tersebut.

Aji menilai, adanya aturan memainkan pemain U-20 tidak akan menurunkan kualitas Liga 1. Tensi kompetisi bisa tetap terjaga. Di samping itu, Aji menganggap adanya aturan itu bisa memunculkan pemain muda berkualitas. ’’Buktinya kan selama ini banyak pemain muda berkualitas bagus yang mampu bersaing di Liga 1. Contohnya, Saddil Ramdani dan Syahrian Abimanyu. Mereka bisa bersaing dengan para seniornya,’’ jelas Aji.

BACA JUGA:  Kepala Kampung Rejosari Gelar Tournament Bola Volly

Aji memang termasuk salah seorang pelatih yang identik dengan skuad pemain muda. Saat menangani Persela Lamongan, Aji sukses mengorbitkan beberapa pemain muda. Salah satunya adalah Saddil Ramdani. Hijrah ke Persebaya Surabaya, Aji juga memiliki banyak pemain muda yang kualitasnya mumpuni.

Bahkan, tak jarang Aji Santoso memainkan pemain U-20 sebagai starter. Misalnya, Koko Ari Araya yang dipercaya turun sebagai starter pada dua laga Persebaya di Liga 1 2020. Kemudian, ada juga Rizky Ridho yang diturunkan sebagai starter pada laga kedua kontra Persipura Jayapura. Selain itu, Aji masih memiliki pemain U-20 lainnya seperti Ernando Ari dan M. Supriadi.

Di sisi lain, hingga kemarin sore (10/6) Persebaya belum menentukan jadwal latihan skuadnya. Meski masa PSBB di Surabaya sudah berakhir, Aji tidak mau gegabah untuk memulai latihan bersama. Dalam waktu dekat, Aji berkomunikasi dengan manajemen tentang jadwal latihan virtual.(*)