New Normal, Kadis PMD Beri Kewenangan Desa untuk Penggeseran Perubahan APBDes

90

Radartuba.com, Mesuji-Berdasarkan pernyataan Presiden Republik Indonesia (RI) terkait persiapan daerah dalam mengatasi resiko pandemi Covid-19, Kabupaten Mesuji terbitkan Surat Edaran (SE) tentang persiapan desa menuju New Normal (Kenormalan Baru).

SE dengan Nomor: 414/2226/IV.13/VI/2020 dimaksudkan untuk mempersiapkan desa dalam penerapan New Normal, dari unsur kecamatan, pemerintah desa, serta masyarakat desa agar terlaksana aktivitas tatanan Normal Baru tanpa peningkatan resiko terpapar.

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kabupaten Mesuji, Sunardi, SE menjelaskan,terkait anggaran pelaksanaan penerapan New Normal, pemerintah desa diberikan kewenangan dalam penggeseran perubahan pada APBDes perubahan.

“Menghadapi New Normar, desa-desa diberikan kewenangan untuk melakukan pergeseran perubahan pada APBDes perubahan, serta juga bisa lakukan penambahan BLT-DD jika belum mencapai 30%, karena masih banyak masyarakat yang belum tersentuh,” ungkap Sunardi kepada Radar Tuba, Sabtu (6/6).

BACA JUGA:  Kadis PMD Mesuji Apresiasi Kinerja Babinsa

Sunardi menambahkan, pergerakan tersebut dapat diarahkan untuk penambahan masker kepada masyarakat, juga pembiayaan untuk komsumsi relawan desa yang piket di posko.

Ia menghimbau, kepala desa dan perangkatnya tetap melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap warga yg datang atau keluar desa, serta memastikan masyarakat tetap memakai masker jika keluar rumah.

“Kepada pemerintah desa agar terus memantau masyarakat yang keluar masuk, jika ada warga yang kurang sehat segera datang ke klinik kesehatan terdekat,serta kades bersama Babinsa dan Babinkamtibmas selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu melaksanakan protokol kesehatan,” pungkasnya.(ngga/mis)