Terkait Satu Orang Reaktif, Sample Swab PCR Akan Diuji di BBLK Palembang

181

Radartuba.com, MESUJI-Terkait satu orang yang dinyatakan reaktif atas uji cepat (Rapid Tes) Covid-19, Dinas Kesehatan Mesuji saat ini sampel SWAB Polymerase Chain Reaction (PCR) sudah dikirim ke dinas Provinsi Lampung untuk mengetahui hasilnya sekaligus pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mesuji.

Hal tersebut dikatakan  Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Mesuji, Yanuar Fitrian, S.Km., MM, Selasa (19/5).

“Ya kita telah ambil sampel Swab PCR terhadap satu orang yang hasil Rapid Tes nya reaktif sebanyak dua kali pada dua hari berturut-turut yaitu tanggal 18-19 Mei kemarin, langsung kita kirim ke Dinas Kesehatan Provinsi,” Jelas Yanuar melalui pesan WhatsApp kepada Radar Tuba, Selasa (19/5).

Yanuar menjelaskan, bahwa sampel swab PCR tersebut akan diuji di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kota Palembang.

“Setelah kita ambil dua kali sampelnya, langsung kita kirim ke provinsi serta diarahkan diuji di BBLK kota Palembang, kita sekarang tinggal tunggu hasilnya,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Peringati Hari Kartini, Kecamatan Simpang Pematang Mengadakan Serangkaian Lomba

Diketahui dinkes Mesuji melakukan testing Rapit (Pemeriksaan cepat) Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) tehadap petugas pintu tol Simpang Pematang yang diduga telah terjadi kontak dengan Pasien SB (Inisial).Warga Surya Adi, Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan.

Berdasarkan hasil pengecekan tersebut, hasil testing rapid untuk di puskesmas brabasan rapid terhadap 6 petugas posko yg terdiri dari 1 petugas Dishub dan 5 petugas Pol PP dengan hasil Non Reaktif.

Selanjutnya untuk posko check point exit tol Simpang, rapid terhadap 11 petugas posko yg terdiri dari 1 tenaga kesehatan, 6 petugas HK (Tol),

2 dari BPBD dan 2 dari TNI dan didapati hasil 10 non reaktif, 1 reaktif.(ngga/mis)