Cegah Covid-19, Relawan Kampung Trijaya Lakukan Penyemprotan ‘Fasum’

86

Radartuba.com, Penawartama – Upaya memutus rantai penyebaran Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) dilakukan secara masif oleh semua pihak. Tak terkecuali, hal itu juga dilaksanakan oleh Kampung Trijaya Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang (Tuba) bersama lapisan masyarakat dan pihak terkait.

Berkenaan dengan upaya pencegahan Covid-19 itu, Relawan Kampung Trijaya bersama aparatur Kampung melaksanakan penyemprotan disinfektan terhadap seluruh Fasilitas Umum (Fasum) kampung setempat.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kampung (kakam) Trijaya, Sani Arifin, Minggu (10/5/2020).

Untuk diketahui, ini adalah kegiatan penyemprotan fasilitas umum yang ketiga kalinya. Sebelumnya telah dilakukan kegiatan yang sama, dengan melibatkan aparatur kampung dan ‘relawan lawan Covid-19’ kampung setempat.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan inspeksi mendadak (sidak) terhadap warung-warung sembako dan manisan yang ada di Kampung Trijaya. Hal itu dilaksanakan dalam rangka sosialisasi terhadap protokol kesehatan dalam berjualan terkait pencegahan wabah virus Corona, makanan yang tidak layak konsumsi/kedaluwarsa, dll.

BACA JUGA:  Kampung Bujung Tenuk Kagungan Dalem Gelar Sosialisasi Jamban Sehat

Sosialisasi dilakukan oleh tim Puskesmas Sidoharjo, aparatur kampung, bidan desa, dan kader kesehatan kampung setempat.

Pada kesempatan itu Kepala Kampung, Sani Arifin mengatakan, “Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pencegahan penularan Covid-19. Pemerintah kampung Trijaya melakukan Penyemprotan Decinfektan untuk yg ke-3 kalinya, terfokus kepada fasilitas umun dan dibarengi dengan pemeriksaan warung-warung sembako dan manisan yang ada di Kampung Trijaya. Sosialisasi terkait protokol kesehatan dalam berjualan terkait pencegahan wabah virus Corona, makanan yang tidak layak konsumsi/ kadaluarsa dll. yang dilakukan oleh tim kesehatan dari Puskesmas Sidoharjo, Aparatur kampung Trijaya, bidan desa serta kader kesehatan Kampung Trijaya.”

Menanggapi kegiatan tersebut, Yuliana salah seorang warga mengungkapkan rasa bangganya melalui media sosial facebook.

“Salut saya sama Kampung Trijaya. Ini karena Pak Lurahnya bisa merangkul aparatur-aparatur yang lainnya. Makanya bisa maju pesat Desa Trijaya” ungkapnya. (rus/ogi)