Ini Respon Desa Tirtalaga Dukung Pemerintah Cegah Penyebaran Covid-19

98
Kepala desa Tirtalaga bersama masyarakat desa dan karang taruna melakukan penyemprotan sarana umum. Foto: Misdi

Radartuba.com, MESUJI-Desa Tirtalaga, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji respon positif dan mendukung penuh upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) diwilayah desa setempat dengan mendirikan Posko Pemantauan penyemprotan desinfektan dan pembagian masker gratis kepada masyarakatnya.

Kepala desa Tirtalaga Sikun, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sudah di mulai sejak awal april untuk mencegah adanya penyebaran Virus Corona di wilayahnya.Selain itu, pihaknya juga meminta masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah agar pandemi Covid-19 tidak sampai terjadi di desanya.

“Kita sebagai Kepala desa selalu memberikan saran,masukan kepada masyrakat agar seluruh masyrakat yang ada di desa Tirtalaga bisa terhindar dari Covid-19.Selain mendirikan posko, kita juga selalu menyemprotkan Desinfekan ke Fasum dan rumah warga,” jelasnya, Senin (13/4).

Menurut Sikun, aparatur desa Tirtalaga terus bekerja bahu membahu bersama Babinsa,Babinkamtibmas,Ketua TP-PKK,Karang taruna  dalam mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19 diwilayahnya.

“Selain itu para pendatang yang pulang dari rantau juga kita imbau  dan sarankan dan  untuk isolasi mandiri dan tidak kontak dengan siapapun,namun setelah 14 hari dan tidak ada gejala sakit baru kita perbolehkan keluar rumah,” imbuhnya.

Sementara itu, ketua karang taruna desa Desa Tirtalaga Sutikno sangat mengapresiasi langkah Kepala desa setempat bahkan pihaknya bersama seluruh anggota Karang Taruna mendukung penuh upaya dan langkah kepala desa dalam pencegahan Pandemi Covid-19.

BACA JUGA:  Peringati Hari Puisi, Rewang Seni Mesuji Gelar Malam Mesuji Berpuisi

Sutikno menambahkan bahwa karang taruna didesa Tirtalaga sangat kompak dan dibuktikan saat penyemprotan Fasilitas umum seperti masjid Mushola sekolah dan sarana lain serta rumah warga di sepanjang jalan poros mutlak dilakukan oleh karang taruna itu semua  untuk mendukung desa Tirtalaga dan pemerintah dalam pencegahan Virus Corona didesanya.

“Disini kita ikut berperan aktif bukan hanya remaja tetapi kegiatan pencegahan Virus Corona seluruh elemen yang ada ikut berkampanye dalam memerangi Covid-19 didesa kita,”kata Sutikno disela-sela penyemprotan Desinfektan yang dilakukan di desa Tirtalaga.

Pantauan Dilapangan desa Tirtalaga juga mensiagakan Posko 24 jam untuk memantau para pendatang dari luar desa tujuannya, untuk  mengetahui dan mengecek kondisi warga yang masuk di desa tersebut.Tamu juga yang masuk didesa tersebut juga harus mencuci tangan dan dipastikan sehat.Langkah tersebut sebagai upaya mendukung pemerintah dalam upaya  pencegahan Virus Corona didesanya dan Kabupaten Mesuji pada umumnya.(mis)