Cagah Penyebaran Covid 19, Dua Tiyuh Di TbU Lakukan Penyemprotan Disinfektan

14

Radartuba.com, TULANGBAWANG BARAT–Seiring mewabahnya virus Corona (Covid-19) yang terjadi di berbagai belahan dunia, tak terkecuali juga menjangkiti sejumlah warga Lampung, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Provinsi Lampung juga intensif melakukan pemberantasan. Caranya yakni dengan menyemprotkan disinfektan ke tempat-tempat yang akan dapat menjadi tempat berkembang biaknya virus-virus tersebut.

Hari ini, dua tiyuh di Kecamatan Tulangbawang Udik (TbU), Kabupaten Tubaba melakukan penyemprotan secara mandiri dengan melibatkan masyarakat setempat. Mereka bergotong-royong menyemprot di Tiyuh Gunung Katun Tanjungan dan Tiyuh Gunung Katun Malai menggunakan teng semprot rumput yang biasa digunakan untuk membasmi gulma tanaman.

Tausin S.G. Pj. Kepalo Tiyuh Gunung Katun Tanjungan dan Firdon Rosid Kepalo Tiyuh Gunung Katun Malai mengungkapkan bahwa penyemprotan di dua tiyuh secara bersama-sama tersebut dilakukan dengan kesadaran yang tinggi masyarakat setempat. Karenanya sebagai pimpinan tiyuh keduanya memberikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan penyemprotan tersebut. Tausi berharap agar kesadaran tersebht juga dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya.

BACA JUGA:  Alat Berat Proyek Diduga Retakkan Tugu Rato

Upaya ini tambah Firdon sebagai bentuk antisipasi terhadap kemungkinan adanya virus mematikan tersebut di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai ini. “Meskipun ini belum bisa membasmi 100 persen, namun ini adalah langkah nyata agar warga kami terbebas dari virus yang telah memangsa ribuan orang di luar negeri tersebut,”tuturnya.

Kepada warga, Firdon meminta agar warga yang baru datang dari berbagai daerah dapat melakukan pemeriksaan secara sukarela di Puskesmas terdekat atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tubaba. Karenanya ia meyakini sekecil apapun upaya merupakan langkah konkret pemerintah dan masyarakat agar terhindar dari virus tersebut.

“Kepada masyarakat yang baru datang, mohon kiranya memberikan alamat dan nomor ponsel yang aktif dan dapat dihubungi selama 24 jam. Jika ada gejala demam, batuk, filek, dengan suhu badan tinggi agar segera menghubungi petugas medis atau ke RSUD Tubaba,”tutup Firdon. (fei)