Selain Sosialisasi, Balam Jaya Juga Lakukan Penyemprotan Desinfektan Cegah Corona

4

Radartuba.com, WAYKENANGA-Pemerintah Tiyuh Balam Jaya, Kecamatan Way Kenanga melakukan kegiatan sosialisasi pencegahan Covid-19 (Coronavirus Disease 2019)  dengan mengelilingi jalanan dan rumah-rumah warga setempat. Kegiatan itu berlangsung sejak kemarin, Rabu (25/03) hingga hari ini, Kamis (26/03).

Sosialisasi ini dilakukan secara bersama-sama dengan menggunakan kendaraan roda empat dan melibatkan pemerintah Kecamatan Way Kenanga, Puskesmas Mercubuana, Bhabinkamtibmas, Babinsa, BPT, serta seluruh unsur pemerintahan tiyuh mulai dari Kepalo Tiyuh hingga Ketua RT.

Tidak hanya melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona, Pemerintah Tiyuh Balam jaya juga bergerak cepat dengan melakukan penyemprotan cairan desinfektan di rumah-rumah ibadah, sekolah, perumahan warga, komplek perkantoran tiyuh, serta fasilitas umum yang sering dipakai warga untuk berkumpul.

Dalam sosialisasi tersebut ditekankan kepada warga untuk tidak mengadakan hajatan atau yang mengumpulkan orang banyak, tidak melakukan bepergian jauh, rajin berolahraga, serta rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan ataupun beraktifitas, dan juga makan-makanan yang bergizi dan minum vitamin serta suplemen.

Apabila ada warga yang baru saja dari luar negeri atau dari bepergian jauh maka diminta untuk lapor ke RT/RK setempat untuk segera dilaporkan kepada pihak kesehatan serta dilakukan pemeriksaan, hal ini dilakukan untuk memutus rantai virus yang hingga saat ini terus dan terus menyebar.

BACA JUGA:  Plt Asisten II Buka Musrenbang di Mesuji Timur

Kepalo Tiyuh Balam Jaya, Zanuri menegaskan bahwa masyarakat harus waspada jangan terkena hoax/berita yang belum jelas kebenarannya terhadap virus corona ini, yang jelas masyarakat harus waspada, jaga kesehatan, perbanyak makan sayur dan buah dan jaga kebersihan lingkungan, tunda dulu acara hajatan, nikah boleh hajatan jangan demi kepentingan bersama.

Sementara, Suyat selaku Sekretaris Tiyuh menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan yang sudah dibuat pemerintah untuk tetap di rumah, tidak bepergian jauh, dan menjaga kebersihan lingkungan. “Saya yakin dengan adanya social distancing ini dapat mencegah penyebaran virus corona,”kata dia.

Ketua Badan Permusyawaratan Tiyuh (BPT) Balam Jaya, Rizky, juga mendukung penuh kegiatan positif tersebut. “Kita selaku masyarakat tidak bisa main-main dengan wabah, cara terbaiknya adalah dengan mencegahnya agar tidak terjadi pada diri kita,” tegasnya. (rls/ded)