Pemanfaatan DD Tahap 1 Sukses Direalisasikan Di Kampung Aji Permai Talang Buah

26

Radartuba.com, GEDUNG AJI- Kepala Kampung (Kakam) Aji Permai Talang Buah sukses merealisasikan pemanfaatan dana desa (DD) tahap 1 untuk pembangunan odf, Sumur bor, dan tiang lampu untuk penerangan jalan.

Rizal selaku kakam menerangkan Program Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam suatu komunitas tidak buang air besar sembarangan.

Tujuan utama program ODF atau stop buang air besar sembarangan ini adalah untuk mewujudkan hidup sehat dan bersih di Kampung Aji Permai Talang Buah, jelas Rizal Kepada Radar Tuba, Rabu (18/3).

Kemudian, adanya ketersediaan air bersih utamanya dimusim kemarau turut dibuktikan dengan dibangunnya sumur bor di sejumlah titik wilayah yang sulit terdapatnya air.

Dan ini, targetnya setiap tahun akan terus ditambah jumlah titik sumur bor sehingga merata tersedianya air bersih target Rizal kedepan.

Rizal juga mengatakan, harapan masyarakat agar Di seluruh Kampung Aji Permai Talang Buah terang benderang saat malam hari juga kami prioritaskan untuk pengadaan tiang sekaligus lampu disetiap rumah-rumah warga.

BACA JUGA:  Rutinitas Pelayanan Kesehatan Di Posyandu Kampung Makartitama

Sehingga suasana yang indah dan terang akan benar-benar dirasakan masyarakat. Dan tidak ada lagi wilayah Kampung Aji Permai Talang Buah yang gelap gulita saat ditemui dimalam hari.

Ia juga menjelaskan bahwa “Pembangunan ODF, Sumur Bor, dan pengadaan tiang lampu jalan ini merupakan pembangunan prioritas yang diharapkan oleh masyarakat banyak dan disampaikan saat musrembang digelar.

Sebagai wujud mengharapkan kesuksesan proses terealisasinya pemanfaatan DD tersebut, saya selaku melibatkan berbagai pihak diantaranya Ketua RT, Ketua RK, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, serta seluruh masyarakat lainnya, ucap Rizal.

Rizal mengungkapkan “Semua pembangunan yang terealisasikan ini bertujuan untuk memanfaatkan DD sesuai harapan masyarakat. Sehingga dapat tepat sasaran dalam penggunaan DD tersebut.

Ia berharap, dengan dibangunnya beberapa pembangunan tersebut sarana dan prasarana yang diharapkan oleh masyarakat berlahan akan tersedia.

Kemudian tercapainya suasana masyarakat yang damai, rukun, sejahtera, dan setiap individu mereka merasa menikmati pemanfaatan DD tersebut, tutup Rizal. (Bud)