Sterilkan Dari Penyebaran Corona, RSUD RBC Semprotkan Cairan Desinfektan

20
Terlihat petugas dari RSUD RBC Mesuji mulai menyemprotkan cairan desinfektan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Foto: Misdi

Radartuba.com, MESUJI-Rumah Sakit Umum Daerah Ragab Begawe Caram (RSUD RBC) melakukan  penyemprotan cairan desinfektan sebagai upaya untuk  menghindari dampak dari penyebaran Covid-19 atau Corona Virus.

Penyemprotan tersebut dilakukan setelah jadwal pelayanan poliklinik ditutup seperti yang terlihat pada, Jumat sore (20/3).

Direktur RSUD RBC dr. Hotmaida Verawati S. Menyebutkan, Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya menghentikan mata rantai penyebaran Covid-19 di fasilitas kesehatan.

Menurutnya, fasilitas kesehatan berpotensi penyebaran bakteri, termasuk Covid-19 ini.

“Jadi dengan penyemprotan ini merupakan upaya kita untuk mensterilkan sisi RSUD yang memiliki potensi mobilisasi kunjungan yang padat, seperti poliklinik dan ruang perawatan,” jelas Hotmaida.

Ia menambahkan, pihaknya telah mengambil kebijakan untuk meniadakan jam besuk di RSUD RBC sesuai edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

BACA JUGA:  Kisah Pilu Mbah Mujiati pedagang di pelataran Pemda Mesuji

Dikatakan dr. Hoti sapaan akrabnya, pihaknya telah membatasi jumlah tunggu pasien yaitu hanya satu orang, serta meniadakan jam besuk.

“Artinya tidak ada kunjungan pasien selain penunggu pasien satu orang, ini merupakan upaya untuk mengurangi perkumpulan orang di lokasi rumah sakit hingga waktu yang belum bisa ditentukan,” tambahnya.

Untuk saat ini, pihaknya juga menjalankan pembagian piket petugas jaga manajemen RSUD.

“Kita juga berlakukan piket, tidak semua wajib hadir setiap hari, namun RSUD RBC tetap buka seperti biasa, untuk Unit Gawat Darurat (UGD) tetap 24 jam,” pungkasnya.(ngga/mis)