Tekan Harga Gula, Diskoperindag dan PT. GMP Operasi Pasar di Mesuji

69

Radartuba.com, MESUJI-Menyikapi kelangkaan dan menekan harga gula pasir di tengah masyarakat ,Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Provinsi Lampung menggelar operasi pasar murah di Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya, Kamis (19/3).

Turut mendampingi Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Koperindag, M. Ali Batun, SE serta Camat Tanjung Raya, I Komang Sutiaka SH. Operasi pasar tersebut bekerja sama dengan PT. Gunung Madu Plantations (PT. GMP).

Kabid Perdagangan Diskoperindag Kabupaten Mesuji, M. Ali Batun, SE menyebutkan, operasi pasar murah tersebut merupakan upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dalam menjaga kestabilan harga serta menyikapi kelangkaan gula putih akhir-akhir ini.

“Ya kita disini mendampingi PT. GMP yang merupakan perusahaan gula pasir yang ditunjuk Diskoperindag Provinsi untuk program pasar murah, ini merupakan upaya menekan lonjakan harga serta kelangkaan gula pasir,” ungkap Ali saat ditemui lokasi. (19/3).

Ia menambahkan, lokasi operasi pasar murah tersebut merupakan pemilihan secara random, terkait penyebaran di Kabupaten/Kota lainnya untuk Provinsi Lampung.

BACA JUGA:  Plt.Bupati Mesuji Panen Raya Di Tanjung Serayan

“Kita ambil Tanjung Raya untuk lokasi Operasi Pasar murah ini, untuk selanjutnya jika dijadwalkan kembali di Kabupaten Mesuji, Kita akan arahkan ke Pasar Simpang Pematang,” tambahnya.

Public Relation PT. GMP Suryani menjelaskan, untuk Kabupaten Mesuji pada operasi pasar murah di Tanjung Raya tersebut pihaknya menyediakan 1,5 Ton gula pasir dengan kemasan 1kg.

“Kita persiapkan 1,5 Ton dengan kemasan per 1 kg, jadi berdasarkan arahan Diskoperindag Provinsi untuk masing-masing Kepala Keluarga (KK) itu hanya boleh membeli gula pasir maksimal 2kg,” jelas Suryani.

Ia menambahkan, untuk harga per 1kg dibawah harga pasaran yaitu dipatok Rp. 12.500.

“Per satu kilo kita patok Rp. 12.500 maksimal hanya bisa 2 kg per KK, sampai sore ini gula pasir yang kita bawa ludes terjual,”tandasnya. (ngga/mis)