Relawan TIK Sosialisasikan INSAN Kepada Pelajar SD, Kadis Kominfo : Kami Mendukung, Pelajar Memang Perlu Diarahkan

13

Radartuba.com, TUBABA– Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menyambut baik sekaligus mengapresiasi program kegiatan yang dilakukan Relawan Teknologi Informasi Komunikasi (Relawan TIK) di daerah setempat, salah satunya adalah Sosialisasi Penggunaan Internet Sehat di Kalangan Pelajar. Pasalnya, kemajuan teknologi komunikasi saat ini begitu pesat, bahkan penggunaannya oleh kalangan pelajar terutama internet sangat tinggi.

“Kami sangat mendukung apa yang telah dilakukan Relawan TIK di Tubaba, sebab para pelajar harus memahami sejak dini dampak positif dan negatifnya dari pemanfaatan internet tersebut,”ungkap Eri Budi Santoso, S.Sos, MH, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tubaba didampingi Sekretaris Sayuti, SH, MH saat berbincang-bincang dengan Radar Tuba, Jum’at (13/3/2020) pekan lalu.

Menurutnya, pengguna internet saat ini mayoritas dari kalangan remaja yang masih duduk di bangku sekolah. Sementara di satu sisi kelompok usia ini merupakan generasi produktif yang berpotensi mudah terpengaruh oleh hal apapun, termasuk konten-konten negatif.”Di era digital ini pelajar memang perlu diarahkan dengan benar mengenai cara berinternet yang sehat dan cerdas, termasuk dalam bermedia sosial. Artinya, pelajar perlu diarahkan agar memahami itu,”ulasnya.

Pihaknya berharap, kegiatan yang dilakukan Relawan TIK di Tubaba berjalan lancar dan juga dapat mendorong program pembangunan karakter di kalangan pelajar yang tengah berjalan di daerah setempat.”Internet adalah salah satu sumber ilmu, tapi jika tidak dimanfaatkan dengan benar justru dapat berdampak negatif. Untuk itu, kami sangat mendukung apa yang dilakukan Relawan TIK dan diharapkan para pelajar akan lebih terarah dalam memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini,”tandasnya.

Berdasarkan pantauan, Relawan TIK pada Jum’at (13/3/2020) lalu mengadakan sosialisasi Penggunaan Internet Sehat bagi pelajar Sekolah Dasar (SD), yakni SDN 1 Mulya Sari, Kecamatan Gunung Agung. Kegiatan itu diikuti puluhan siswa-siswi kelas V dan VI sekolah tersebut, dengan mengangkat tema “INSAN” yaitu “Internet Sehat dan Aman”.

BACA JUGA:  Anggota Pramuka, Ayo Jaga Kelestarian Lingkungan dan Perangi Sampah Plastik!

Hendri Setiawan selaku pemateri pada kegiatan itu mengatakan bahwa selain perkembangan teknologi yang memberikan dampak positif bagi masyarakat, tentu tak lepas adanya dampak negatif. “Pemahaman tentang penggunaan internet sehat dan aman harus dimulai sejak dini, mengingat banyak pula kejadian-kejadian yang terjadi seperti yang kita saksikan di berita-berita televisi adanya anak yang kecanduan game, sehingga untuk menyembuhkannya harus melalui proses rehabilitasi. Selain itu juga ada penipuan cyber, pencurian data pribadi dan digunakan untuk penipuan dan sejenisnya,” terang Hendri.

Karena itulah, dalam sosialisasi itu para peserta diajak untuk menghindari akses situs web yang berbau pornografi, serta menjaga keamanan akun digital seperti akun sosial media maupun email, dan menggunakan perangkat internet dengan baik. Sementara itu, Ketua Relawan TIK Tubaba, Roy Pranoto Adi menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi seperti itu diadakan setiap Jumat atau Sabtu di Minggu kedua dan Minggu terakhir setiap bulannya dengan membawakan materi-materi Literasi Digital.

Kepala SDN 1 Mulya Sari, Ratmingan, S.Pd menyambut baik dan berterima kasih kepada Relawan TIK Tubaba yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. Dia berharap kegiatan serupa tidak hanya berhenti di sekolahnya saja, sehingga akan lebih banyak anak-anak dan guru yang menerima manfaat dari kegiatan ini.(rls/ded)