Musyawarah Penetapan APBKam Tahun 2020 Kampung Sidomulyo

28

Radartuba.com, PENAWARTAMA-Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) Sidomulyo menggelar Musyawarah penetapan APBKamp Tahun 2020 dalam rangka peningkatan pembangunan Kampung bertempat dibalai Kampung Sidomulyo, Rabu (11/03).

Acara tersebut dihadiri oleh Camat Penawartama yang diwakili oleh Sariyadi Kasi Pelayanan Umum, Babinsa Sidomulyo Sertu Khoiruddin, Pendamping Kampung, PDTI, Aparatur Kampung, RK, RT, Kelembagaan Kampung, Linmas, Kader Teknik, KPM, Tokoh Masyarakat dan perwakilan perempuan.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Sumanto selaku ketua BPK Musyawarah penetapan APBKamp.

Dalam sambutannya ia mengajak seluruh peserta musyawarah dan masyarakat Kampung Sidomulyo untuk bersama-sama mendukung dan mengawasi APBKam tahun 2020 kampung Sidomulyo agar dapat terlaksana dengan baik.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 113 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa, pasal 2 menegaskan asas-asas dalam pengelolaan dana desa, diantaranya adalah transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin.

“APBKam merupakan dokumen penting bagi Kampung yang menentukan derap langkah keberlanjutan pembangunan dan jalannya pemerintah di Kampung ke depan, Sehingga apabila APBKam telah ditetapkan Pemerintah Kampung bersama BPK pada awal tahun, Kampung telah dapat melakukan persiapan lebih awal untuk pelaksanaan program pembangunan Kampung,” tegasnya.

BACA JUGA:  Kampung Sidomulyo Gelar Penyuluhan Stanting

Camat Penawartama melalui bapak Sariyadi mengapresiasi atas terselenggaranya Musyawarah Penetapan APBKam tahun 2020 ini.

Ia berharap semua pihak dapat bersama-sama melaksanakan pembangunan sesuai dengan APBKam yang menjadi kesepakatan
bersama agar tidak ada kendala dikemudian hari.
Kepala Kampung (Kakam) Sidomulyo Darmanto, dalam sambutannya menyampaikan Bahwa rancangan program dan kegiatan yang menjadi prioritas untuk tahun 2020 dirancang sejak musyawarah RKP dan sampai hari ini akan ditetapkan menjadi APBKam.”Sebuah proses panjang harus dilaksanakan dengan baik,dimana prioritas anggaran dimaksimalkan untuk kepentingan masyarakat, baik dibidang penyelenggaraan Pemerintahan, pembangunan,” terang Darmanto.

Pembacaan APBKam tahun anggaran 2020 tentang anggaran kegiatan kampung yang disampaikan oleh sekertaris Kampung Agustinus Wagianto dan penandatanganan kesepakatan.

Dalam musyawarah kampung kali ini dituangkan dalam berita acara rapat penetapan APBKam 2020 yang ditandatangani bersama oleh kakam Sidomulyo, Ketua BPK, Wakil Ketua BPK dan Sekretaris BPK, tuturnya.

“Semoga musyawarah penetapan anggaran pendapatan dan belanja Kampung yang diselenggrakan ini dapat membawa hasil pembangunan yang tepat sasaran,” harap Darmanto.(bud)