Masyarakat Mulai Merasakan Manfaat Program Unggulan Bupati Tulang Bawang

6

Radartuba.com, TULANG BAWANG-Saat ini, sebanyak 25 Program Unggulan Bupati Tulang Bawang, Winarti mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat.

Berbagai program tersebut dikucurkan melalui kegiatan dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) bersinergi dengan program pemerintah pusat, yang berdampak pada kesejahteraan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Dalam berbagai kesempatan, Bupati Tulang Bawang yang akrab dipanggil Bunda itu, selalu melakukan koordinasi dan memonitoring pelaksanaan program serta kegiatan yang pro rakyat, dengan berbagai cara.

Di antaranya turun langsung ke masyarakat dan aparatur kampung, untuk memastikan seluruh program yang dilaksanakan tepat sasaran dan berjalan sesuai harapan.

Di masa kepemimpinan Bupati Winarti dan Wakil Bupati Hendriwansyah, selalu berupaya untuk membuat perubahan bagi masyarakat Tulang Bawang.

Hal tersebut tergambar dari penghargaan yang diterima Winarti baru-baru ini, melalui Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung sebagai Kepala Daerah Penggerak Pembangunan Bersama Rakyat.

Lalu dari Kompas Gramedia Lampung Award 2019 atas inovasi program untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat, serta penghargaan tingkat nasional dari Seven Media Asia Governmet Awards 2019 sebagai kepala daerah dengan kinerja terbaik.

Melalui gagasan dan terobosan program yang dicanangkan.25 Program Unggulan Bupati Tulang Bawang dengan jargon Bergerak Melayani Warga (BMW) telah banyak berkontribusi memberikan perubahan bagi masyarakat Tulang Bawang dalam berbagai bidang, di antaranya bidang kesehatan.

Pemkab Tulang Bawang turut meningkatkan pelayanan kesehatan di antaranya ambulance gratis sebanyak 54 unit yang tersebar di beberapa kampung, satu unit mobil transfusi darah, peningkatan keselamatan ibu melahirkan dan anak, serta pemberian tunjangan khusus tenaga medis bidan desa dan kader posyandu.

BACA JUGA:  Tatap Muka Kodim 0426/TB dengan Media Paska TMMD ke - 105

Selanjutnya dalam pembinaan keagamaan, telah direalisasikan perjalanan rohani bagi masyarakat Tulang Bawang terdiri dari Umroh 100 orang, Wali Songo 95 orang, Tirtayasa 44 orang, India 20 orang dan Yerusalem 6 orang.

Di bidang pendidikan, untuk peningkatan kapasitas tenaga pendidik telah diberikan bantuan laptop bagi sekolah dan guru telah terealisasi sampai dengan 1.000 unit.

Begitu pula dengan tambahan makanan berupa susu dan telur bagi pelajar, serta bantuan bagi siswa miskin berprestasi.

Di samping itu, hingga akhir 2019 pengembangan usaha ekonomi kreatif telah dilaksanakan dengan melibatkan kelompok masyarakat di masing-masing kampung.

Di antaranya kelompok masyarakat kaum ibu/perempuan, muslimat dan karang taruna, dengan masing-masing mendapatkan bantuan dana Rp 20 juta/pokmas.

Diharapkan, dengan program ekonomi kreatif tersebut dapat menciptakan produk baru yang inovatif, sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat Tulang Bawang.

Pemkab Tulang Bawang juga memberikan bantuan bedah rumah bagi masyarakat miskin, yang sampai saat ini telah teralisasi 960 unit rumah, didanai melalui APBD dan bantuan pemerintah pusat, serta mewujudkan Tulang Bawang terang, yang hingga saat ini 18 kampung sedang dalam proses penyambungan jaringan listrik.

Kepala Bappedalitbang Tulang Bawang menyampaikan Pemkab Tulang Bawang berkomitmen untuk terus mendukung dan mengharapkan kerjasama dan peran serta seluruh OPD dan masyarakat, sehingga 25 program unggulan yang telah dicanangkan dapat terealisasi dan berdampak pada kemajuan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat Tulang Bawang secara bertahap. (*)