Wujudkan Visi Daerah, Pemkab Tubaba Tetapkan Lima Prioritas Pembangunan

40

Radartuba.com, TUBABA- Untuk mewujudkan cita-cita maju, sejahtera dan berdaya saing sesuai dengan visi daerah, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) telah menyusun 5 (tujuh) prioritas pembangunan. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan, SE, MM saat membuka Musrenbang 2020 dalam rangka Penyusunan RKPD 2021 di Aula Utama Gedung Sekretariat Daerah setempat, Rabu (11/3/2020).

Kelima prioritas tersebut yakni, Pembangunan infrastruktur yang berkualitas; Pembangunan SDM yang berkarakter melalui peningkatan aksebilitas dan kualitas pelayanan dasar; Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan ekonomi rakyat; Pengembangan ekowisata dan pelestarian budaya; dan Reformasi Birokrasi.

“Cita-cita untuk maju, sejahtera dan berdaya saing adalah suatu kondisi yang menggambarkan keinginan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dengan memanfaatkan segala potensi dan sumber daya lingkungan di sekelilingnya, terutama sektor pertanian dan perkebunan yang sangat akrab dengan masyarakat,”ungkapnya.

BACA JUGA:  Sejumlah PNS Masih Belum Disiplin Berpakaian, Sekda Tegaskan Ini..

Fauzi berharap, sasaran pembangunan tersebut dapat terwujud dengan menempatkan pembangunan sektor Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan dan Ekowisata yang berbasis pada pertanian, perkebunan, peternakan, perdagangan dan pemberdayaan masyarakat yang ditopang dengan pemanfaatan Dana Tiyuh yang semakin besar setiap tahunnya serta peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik.

Di satu sisi, Wakil Bupati juga menegaskan pembangunan tidaklah menjadi tanggungjawab pemerintah semata, meskipun domainnya berada pada pemerintah. Namun, keterlibatan atau partisipasi semua pihak sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian indikator pembangunan.

Partisipasi semua pihak, lanjutnya, dimulai dari proses perencanaan, proses pelaksanaan pembangunan itu sendiri, bahkan lebih jauh lagi adanya partisipasi dalam memelihara hasil-hasil pembangunan.”Untuk itu pembangunan haruslah menjadi milik bersama, harus ada rasa memiliki oleh semua pihak, sehingga keberhasilan dan keberlanjutan pembangunan dapat terjaga,”pungkasnya. (ded)