Disdik Tuba Selenggarakan Sosialisasi UNBK Tingkat SMP/MTs dan PKBM TP 2019/2020

115

Radartuba.com, Tulang Bawang – Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten Tulang Bawang (Tuba) menyelenggarakan Sosialisasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)Tingkat SMP/MTs dan PKBM TP 2019/2020.

Acara digelar di SMPN 1 Menggala dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan kabupaten Tulang Bawang, Nasaruddin, Senin (09/03/2020).

Turut hadir pada acara itu pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang, Pengawas SMP, Ketua MKKS SMP, Ketua Sub Rayon, Kepala SMP dan PKBM, serta proktor UNBK se-Kabupaten Tulang Bawang.

Dalam sambutannya Kadisdik Nasaruddin meminta kepada para Kepala Sekolah untuk dapat menyukseskan UNBK 2020 dan menghindari hal-hal yang melanggar Undang-undang atau peraturan lainnya.

“Saya minta kepada seluruh Kepala Sekolah untuk dapat menyukseskan UNBK 2020. Namun demikian saya juga minta agar Kepala Sekolah dapat menghindari hal-hal yang melanggar Undang-undang atau peraturan lainnya,” pinta Nasaruddin.

BACA JUGA:  Hebat...!!!Ada Metode Hafal Al-Qur'an Semudah Tersenyum

Kegiatan sosialisasi UNBK dipandu oleh operator kabupaten, Marwan Nugroho.

Sementara itu, Ari Widodo pemateri sekaligus Koordinator Wilayah (Korwil) VII UNBK Tulang Bawang dan Mesuji menguraikan persoalan yang muncul selama simulasi UN dan gladi bersih.

Penyebab munculnya masalah pada saat gladi bersih UNBK 2020 adalah adanya materi baru yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

“Materi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) inilah yang menyebabkan server pusat mengalami ‘trouble’,” Ari Widodo menjelaskan. (rus/ogi)