Terkait Isu Kelangkaan Masker, Dinkes Tubaba Pastikan Stok Aman Hingga Akhir Tahun

42

Radartuba.com, TUBABA-Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat memastikan ketersediaan atau stok masker di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes)  milik pemerintah aman hingga akhir tahun, baik itu di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di 9 (sembilan) kecamatan maupun di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat. 

“Untuk stok masker sesuai rencana kebutuhan tahun 2020, kita memang sudah menyiapkan sekitar 1.000 box masker. Jadi, stok untuk tahun 2020 yang ada di seluruh fasyankes kita aman dan cukup sampai dengan akhir tahun. Dan terkait isu corona, bagi masyarakat yang masuk dalam pengawasan kami kita berikan secara gratis,”ungkap Majril, S.Kep, Ns, MM, Kepala Dinkes Tubaba saat dihubungi Radar Tuba melalui telepon, Minggu (8/3/2020) sore.

Menurutnya, pengadaan masker oleh Dinkes Tubaba memang rutin dilakukan setiap tahunnya,  tapi peruntukannya hanya bagi puskesmas dan rumah sakit milik pemerintah.”Pengadaan masker ini masuk belanja barang habis pakai, seperti halnya jarum suntik. Jadi setiap tahun kita memang mengadakannya untuk kebutuhan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,”terangnya.

Namun, untuk kebutuhan 2021 pihaknya akan menambah jumlah pengadaan masker pada tahun 2020 ini. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipatif menyusul isu global Virus Corona atau Covid-19.”Kita tidak menghitung kebutuhan masyarakat, karena masyarakat memang tidak selalu memakainya melainkan sesuai kebutuhan. Tapi, karena adanya isu virus corona tersebut, untuk kebutuhan 2021 pengadaan masker akan kita tambah dua kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya,”ujar Majril.

BACA JUGA:  Penyebab Lidah Wanita Ditumbuhi Bulu Hitam?

Sementara mengenai kelangkaan masker di pasaran saat ini, baik di toko obat maupun apotek, Majril menegaskan bahwa hal tersebut bukan kewenangan Dinkes Tubaba. Sebab menurutnya, selain apotek atau toko obat adalah pihak swasta, yang dijalankannya adalah murni bisnis.”Yang jelas, kewenangan kami adalah memastikan keamanan stok untuk semua sarana kesehatan milik pemerintah, termasuk masker,”tutupnya.

Di satu sisi, Majril juga menghimbau masyarakat untuk tidak panik, sebab hingga saat ini Tubaba dipastikan aman dari virus Corona. Meski begitu,  masyarakat tetap diharapkan untuk lebih antisipatif dengan cara meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan dan meningkatkan pola hidup bersih dan sehat seperti makan sayur dan buah dengan gizi yang seimbang, rajin olahraga, dan istirahat cukup, serta membiasakan cuci tangan pakai sabun. (ded)