Maret Ini, DPMT Tubaba Targetkan DD Mulai Cair

37

Radartuba.com, TUBABA– Maret ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh (DPMT) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) targetkan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2020 di daerah setempat cair. Untuk itu, penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Tiyuh (APBT) di masing-masing tiyuh terus didorong agar segera rampung, sehingga proses pencairan DD di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) dapat dilakukan oleh tiyuh.

“Agar DD secepatnya dapat dicairkan, seluruh tiyuh harus mempersiapkan dan memenuhi semua persyaratannya, salah satunya adalah menyangkut Peraturan Tiyuh tentang APBT. Dan ini yang sekarang masih dalam proses, tapi target kami Maret ini dana itu (DD) mulai cair,”ungkap Iwan Setiawan, SH, MH, Kabid Pemberdayaan Aparatur Pemerintahan Tiyuh pada DPMT Tubaba saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (5/3/2020) siang.

Menurutnya, dalam penyusunan APBT, pemerintah tiyuh di Tubaba mendapatkan pendampingan dari pemkab, yang melibatkan DPMT, unsur terkait lainnya seperti Bagian Hukum, hingga pihak kecamatan di masing-masing wilayah. Selain itu, pendampingan juga melibatkan Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), baik itu Tenaga Ahli (TA) di tingkat kabupaten, Pendamping Desa (PD ) di tingkat kecamatan, maupun Pendamping Lokal Desa (PLD) di masing-masing tiyuh.

BACA JUGA:  Siapkan Musrenbang Kabupaten, Pemkab Gelar Rapat Forum Perangkat Daerah

Tujuannya, lanjut Iwan, adalah untuk memastikan APBT yang disusun oleh pemerintah tiyuh sudah sesuai dengan regulasi yang ada, baik Pedoman Penyusunan APBT maupun regulasi lainnya yang menjadi dasar penyusunannya.”Artinya, pendampingan berupa asistensi dan evaluasi tersebut tujuannya adalah agar penyusunan APBT tidak salah dan menyalahi aturan. Selain itu, guna mensinkronkan dengan program-program pembangunan yang ada,”tandasnya.

Selanjutnya, kata dia, setelah APBT selesai dan dinyatakan lengkap, maka akan dimasukkan atau diinput ke dalam Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).”Setelah tahapan ini selesai, maka dapat diajukan proses pencairan DD. Dan mulai tahun ini, DD disalurkan langsung oleh KPPN ke rekening masing-masing tiyuh. Kita berharap DD tahap pertama sebesar 40 persen tersebut dapat segera cair agar program tiyuh tahun ini juga segera berjalan,”pungkasnya. (ded)