PWI Mesuji Jadi Narasumber Pada Acara Pelatihan Kepala Desa

26
PWI Kabupaten Mesuji menjadi Narasumber pada acara pelatihan kepala desa hasil pilkades serentak tahun 2019 Lalu yang dilaksanakan di Balai desa Gedungram Kecamatan Tanjung Raya,Rabu (26/2). Foto Misdi

Radartuba.com, MESUJI-Pelatihan Kepala Desa (kades) terpilih awal masa jabatan hasil Pemilihan kepala desa (Pilkades ) serentak tahun 2019 lalu nampaknya menjadi moment menarik dengan hadirnya para wartawan untuk menjadi Narasumber dalam kegiatan pelatihan tersebut,Rabu (26/2).
Perwakilan wartawan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kabupaten Mesuji yang hadir diantaranya, Erwin selaku penasehat, Apriadi Alwi selaku sekretaris, Nara Sekarna bendahara, Agung setiawan dan Misdi selaku anggota menjadi penyemangat para kades dalam mengemban amanah untuk memimpin dan membawa desanya kedepan lebih maju lagi.
Dalam penyampaian Materi Apriadi selaku Sekretaris PWI Mesuji mengatakan,tidak perlu takut dengan Wartawan, karena hadirnya wartawan menjadi kontrol sosial dan mitra pemerintah dari tingkat desa kecamatan kabupaten sampai ke pusat.
“Jadikan wartawan sebagai mitra kerja, sebab wartawan yang baik selalu menjunjung kode etik jadi tidak perlu takut sama wartawan,”kata Apri.
Lebih lanjut, Apriadi menjelaskan, dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai kontrol sosial wartawan tidak bisa mengatakan dia bersalah ataupun yang lainnya, sebab dalam dunia wartawan harus mengedepankan Azas Praduga tidak bersalah.
“Yang dapat menentukan bersalah atau tidaknya itu Inspektorat, APH dan Instansi lain yang berwenang, jadi harapan kami kepada kades yang baru tidak perlu menghindar saat bertemu dengan wartawan.”Imbuhnya.
Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan sesi tanya jawab antara wartawan yang tergabung di PWI Mesuji dengan para kepala desa yang sedang pelatihan yang di gelar oleh dinas pemberdayaan masyarakat dan desa.
Beberapa pertanyaan dilontarkan oleh para kepala desa diantaranya yang mengajukan pertanyaan yaitu Atek Rukmana Kepala desa dari desa Panggung Jaya Kecamatan Rawajitu Utara.(mis)