Mahasiswa KKS IAIM-NU Metro Gelar Kontestasi Budaya Lokal

10

Radartuba.com, TUBABA- Mahasiswa Institut Agama Islam Ma’arif Nahdlatul Ulama (IAIM NU) Metro yang saat ini sedang melaksanakan Kuliah Kerja Sosial (KKS) di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), menggelar kegiatan Kontestasi Budaya Lokal se-Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Kecamatan, Rabu (26/02/2020) kemarin. Acara berlangsung cukup meriah, dihadiri Camat Tulang Bawang Tengah, Mahasiswa KKS, dan perwakilan masyarakat yang menampilkan potensi daerahnya.

“Kegiatan hari ini merupakan perlombaan yang kita selenggarakan untuk seluruh tiyuh dan kelurahan yang ada di Kecamatan Tulang Bawang Tengah, yang mana mahasiswa KKS bersama perwakilan masyarakat di masing-masing Tiyuh menampilkan berbagai macam kebudayaan lokal, seperti tarian, lagu klasik, dan lainnya,” ungkap Handi, Koordinator Kecamatan KKS IAIM NU Metro. Adapun jurinya, lanjutnya, yakni Ansyori selaku juri seni rupa dan musik tradisi, kemudian Khoirul sebagai juri tari dan koreografer, dan terakhir Bhika Ariyanto selaku juri seni handicraft.

BACA JUGA:  Validasi Data KPM Mantra Tubaba Sudah Tahap Akhir

Ketua Karang Taruna Tiyuh Panaragan, Risman Anshari yang ikut menghadiri acara tersebut mengapresiasi atas suksesnya acara yang diselenggarakan oleh KKS IAIM NU Metro.“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk generasi muda dalam melestarikan budaya lokal. Saya mengucapkan selamat kepada para para juara, terutama dari Tiyuh Panaragan yang menjadi juara 1 Penampilan Terbaik,”singkatnya.

Secara rinci, Juara Kategori Penampilan terbaik 1 pada kegiatan tersebut adalah Tiyuh Panaragan yang menampilkan Tari Kreasi diiringi Syair Lampung dan petikan Gitar Tunggal Lampung. Penampilan Terbaik 2 adalah Tiyuh Bandar Dewa yang menampilkan Kesenian Klasik Lampung. Penampilan Terbaik 3 diraih Tiyuh Menggala Mas yang menampilkan kesenian Teater/Drama. Para Pemenang ini akan tampil lagi pada Puncak KKS IAIM NU Metro di Sessat Agung pada tanggal 1 Maret 2020 mendatang. (rls/ded)