Sah, Pokdar Kamtibmas Mesuji Resmi Dilantik

29
Kapolres Mesuji AKBP Alim melantik kepengurusan Pokdar Kamtibmas Mesuji di Balai desa Mulya Agung Kecamatan Simpang Pematang,Senin (24/2). Foto Misdi

Radartuba.com, MESUJI-Kapolres Mesuji AKBP Alim resmi mengukuhkan pengurus Kelompok Sadar Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) yang dipusatkan dibalai Desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Senin (24/2).

Acara tersebut dihadiri Bupati Mesuji Saply, Kapolres Mesuji AKBP Alim, Wadir Binmas Polda Lampung AKBP Abdurahman Napitupulu,  Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0426 Mayor Arh Wahyudi, Ketua Pokdar Provinsi Lampung Firman Rusli, seluruh pengurus Pokdar Mesuji, perwakilan Kabupaten/Kota Se – Provinsi Lampung, Kepala Desa, Camat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, serta jajaran Polres Mesuji.

Kelompok Sadar Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat Kabupaten Mesuji diketuai oleh Sunardi yang juga Kepala Dinas PMD Pemkab Mesuji dengan beranggotakan 38 orang tersebut siap bekerja dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Sunardi pada kesempatan itu meminta kepada Kapolres untuk meminjam Kantor Lantas yang ada di desa Wirabangun untuk dijadikan Kantor Pokdar Kamtibmas Mesuji.Dia juga meminta dukungan Pemkab Mesuji untuk membantu Polri dalam menjaga Kamtibmas yang ada di kabupaten setempat.

“Terima kasih atas amanah yang diberikan kepada saya dan rekan-rekan Pokdar Kamtibmas, Slogan kita tidak boleh marahan. Tentu kami selalu mohon petunjuk dan arahan kepada Bupati Mesuji serta Kapolres Mesuji, semoga kedepannya bisa berkontribusi secara maksimal,” Ucapnya.

Selain itu, Kapolres Mesuji AKBP Alim menjelaskan Pokdar Kamtibmas tentunya bertujuan untuk menciptakan Keamanan dan ketertiban masyarakat.

BACA JUGA:  Buruh Mesuji Gelar Aksi Tolak RUU Omnibus Law 'Cilaka'

Pokdar kamtibmas mempunyai Visi, Menjadi sahabat dan menjalin kemitraan Masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan Kamtibmas

“Saya berharap Pokdar Kamtibmas dapat membantu kinerja Polri dan menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat dari 105 Desa dan 7 Kecamatan di Kabupaten Mesuji ini,”Harapnya.

Pada keaempatan yang sama Bupati Mesuji Saply menguncapkan selamat bertugas untuk Pokdar Kamtibmas Kabupaten Mesuji dan kedepan diharapkan mampu membantu polri dalam menciptakan suasana yang aman dan kondusif.

“Semoga bisa dapat maksimal membantu kinerja Polri dan menciptakan Kamtibmas di Kabupaten Mesuji, kelompok sadar Kamtibmas ini sangatlah dibutuhkan, untuk itu saya atas nama pribadi dan atas nama Kabupaten Mesuji mendukung penuh kepada Pokdar Kamtibmas,”pungkasnya 

Diketahui bahwa tugas dan fungsi Pokdar Kamtibmas berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 30 ayat 1 Tentang Hak dan Kewajiban Warga Negara mengenai Pertahanan dan Keamanan Negara.

Bahwa berdasarkan ketetapan MPR RI No. II tahun 1999 tentang GBHN bidang Hankam antara lain mengamanatkan agar kesadaran masyarakat terhadap Kamtibmas harus ditingkatkan.

Undang-Undang No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.Surat Keputusan Kapolri Nomor Polisi : SKEP/831/XI/2005, tanggal 25 November 2005, tentang Pedoman Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas.(mis)